ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA INDUSTRI

Authors

  • Ari Beni Santoso Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28533

Keywords:

Augmented Reality, Pelatihan Keterampilan Kerja, Industri.

Abstract

Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pelatihan keterampilan kerja industri telah menjadi topik yang menarik perhatian dalam era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan AR dalam konteks pelatihan keterampilan kerja industri melalui metode studi literatur. Studi ini melibatkan pencarian, seleksi, dan analisis literatur terkait penggunaan AR dalam pelatihan keterampilan kerja industri. Temuan dari analisis literatur menunjukkan bahwa implementasi AR dapat memberikan manfaat signifikan, termasuk peningkatan efektivitas pembelajaran, peningkatan retensi pengetahuan, dan peningkatan keterlibatan peserta pelatihan. Namun, tantangan seperti biaya implementasi dan ketersediaan konten pelatihan yang sesuai dengan teknologi AR juga perlu diatasi. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara industri, akademisi, dan pemerintah untuk mengatasi tantangan tersebut dan memaksimalkan potensi penggunaan AR dalam pelatihan keterampilan kerja industri di masa depan.

References

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

Arifitama, B., & Syahputra, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Anggota Komunitas Augmented Reality Trilogi Dengan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Augmented Reality. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

DIVA, N. U. R. S. (2024). AUGMENTED REALITY DALAM PENDIDIKAN DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DAN ANALISIS BIBLIOMETRIK.

Elisa, E., & Wiratmaja, Ig. (2019). Augmented reality: Analisis pengembangan media pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 73–81.

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37–51.

Fitriani, R. (2024). Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif untuk Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus. Tugas Mahasiswa Program Studi Informatika, 1(2).

Hariyono, H. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040–9050.

Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). Augmented reality sebagai media pembelajaran inovatif di era revolusi industri 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 62–67.

Herawati, N., Hidayat, A., Astuti, D., & Warpindyastuti, L. D. (2023). Digitalisasi Korporasi: Penggunaan Augmented Reality Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3188–3193.

Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Patmanthara, P., Kartikasari, C. D. I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan keterampilan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93–103.

Kusandi, M. (2024). STRATEGI PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN SMK. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(2), 221–226.

Miyosa, A. S. (2020). Penerapan Teknologi Animasi Immersive Mixed Reality di Bidang Penyiaran. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 228–232.

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi desa dan potensi wisata di desa kerta, kabupaten gianyar menuju pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350–355.

Pramono, B. A., Susanto, S., & Christanto, F. W. (2021). Peningkatan Pemahaman Siswa MA Al-Wathoniyyah dengan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Unity dan Vuforia. Jurnal Abdimas, 25(1), 80–82.

Pratama, A. J., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented reality Pada Sekolah Kejuruan. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 47–55.

Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Untuk Pengenalan Aksara Lampung Pada Anak. Jurnal Teknologi Pintar, 3(3).

Sugiarso, B. A., Narasiang, B. S., Pranajaya, S. A., Gunawan, T., Fayola, A. D., Marzuki, M., & Arifianto, T. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Sulistiani, H., Isnain, A. R., Rahmanto, Y., Saputra, V. H., Lovika, P., Febriansyah, R., & Chandra, A. (2023). Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 74–79.

Sulistianingsih, A. S., & Kustono, D. (2022). Potensi Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Sejarah Arsitektur di Era Pandemi Covid-19. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 7(1), 10–18.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Wijaya, R. F., & Utomo, R. B. (2023). Pengenalan Augmented Reality Di SMK Al-Bukhary Labuhan Batu Sebagai Media Untuk Mempromosikan Industri Pariwisata. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 60–70.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Santoso, A. B. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA INDUSTRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6111–6116. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28533