PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 040481 CINTARAKYAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45147Keywords:
Model STAD, Pop Up Book, Hasil Belajar, IPASAbstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya minat belajar dan pencapaian hasil belajar siswa yang belum optimal. Kondisi ini diperburuk oleh dominasi metode konvensional seperti ceramah yang kurang menarik, sehingga siswa cenderung pasif dan kesulitan memahami konsep-konsep IPAS yang bersifat abstrak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan media pop up book yang bersifat interaktif dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 040481 Cintarakyat Tahun Pembelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain pretest dan posttest terhadap 40 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 65,25 menjadi 82,75 pada posttest. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai t_hitung = 5,247 dan t_tabel = 1,684, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media pop up book berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa.References
Acil Ridwan, Asdiniah, E. N. A., & Afriliani, M. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan sikap kompetitif belajar pada siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(1), 447–459.
Afib Rulyansah, Wardana, L. A., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan media pembelajaran pop-up dengan menggunakan model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. International Journal of Education, 6(1), 53–59.
Amartiwi Dwi Sampurna & Roni Rodiyana. (2020). Model Connecting Organizing Reflecting Extending dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA (hlm. 122–130). Universitas Majalengka.
Anita Marselina, dkk. (2022). [Judul artikel tidak tersedia]. [Informasi penerbitan tidak tersedia].
Arbiah Khadijah, Hasan, K., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–10.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah Azzahra & Nurjumiati. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pop-up book terhadap hasil belajar IPA SDN Inpres 2 Lanta. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(2), 38–42.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Beta Perbina br Sembiring, Juliana Panjaitan, Nova Florentina Ambarwati, Bogor Lumbanraja, Reflina Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.