PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA KELAS V SDN JATI 01 KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26602Keywords:
Model Pembelajaran RADEC, Kreativitas IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa pada pembelajaran IPA konsep siklus air dengan menggunakan model pembelajaran RADEC. Hal ini dilatar belakangi karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya kemampuan kreativitas ilmiah siswa pada pembelajaran IPA terutama dalam merancang bagan siklus air. Peneliti menggunakan model pembelajaran RADEC karena model pembelajaran ini sangat berkaitan erat dengan kemampuan kreativitas ilmiah dimana pada tahap akhir model pembelajaran ini terdapat tahap create yang berarti mencipta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian ini, terdapat dua dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kreativtas ilmiah siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata pada setiap siklus dan pertemuannya. Nilai siklus I pertemuan pertama memperoleh rata-rata 2,17 dengan kategori kurang baik dan untuk pertemuan ke-dua memperoleh rata-rata 2,66 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan pertama memperoleh rata-rata 3,37 cukup dan pertemua ke-dua memperoleh rata-rata 3,95 baik. Dari perolehan rata-rata yang selalu meningkat pada setiap pertemuannya menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa.References
Nurjannah, A., Maharani Oktavia, & Puji Ayurachmawati. (2023). Penerapan Model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 447–455. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1409
Setyadin, A. H., Efendi, R., & Samsudin, A. (2019). Adaptasi instrumen tes kreativitas ilmiah adaptasi instrumen tes kreativitas ilmiah Hu dan Adey sebagai alternatif untuk mengukur kreativitas dalam konteks sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5(March), 23–31.
Erlina, N., I Wayan Sukra Warpala, & Putu Prima Juniartina. (2022). Pengembangan Alat Peraga 3D berbasis Eco-Friendly melalui Project Based Online Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Calon Guru IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 177–186. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52785
Ratnasari, N., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Perubahan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Materi Siklus Air. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 1017. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1462
Sopandi, W. (2021). Model Pembelajaran RADEC (B. Maftuh (ed.)). UPI Press.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC Sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thingking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. CV Budi Utama.
Nasution, S., Nurbaiti, & Arfannudin. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII (A. S. Nasution (ed.)). Guepedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfina Fauzia, Ribut Prastiwi S, Ani Anjarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.