PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III SDN 36 PONTIANAK KOTA

Authors

  • Hanni Mardiyanti Universitas Tanjungpura
  • Budiman Tampubolon Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26192

Keywords:

Pengaruh, Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Kognitif.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini sejatinya untuk menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SDN 36 Pontianak Kota. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode eksperimen yang disajikan dalam bentuk Quasi Experimental Design, desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas 26 siswa kelas III A (kelas eksperimen) dan 26 siswa kelas III (kelas kontrol) SDN 36 Pontianak Kota. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik pengukuran dengan instrumen penelitian berupa 40 soal pilihan ganda. Hasil perhitungan statistik dari rata-rata hasil belajar tes akhir kelas eksperimen sebesar 71,73 dan rata-rata hasil belajar tes akhir kelas kontrol sebesar 61,69 diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel (? = 5% dengan dk = 26+26–2 = 50) sebesar 1,69 yang berarti thitung (3,89) > ttabel (1,69), maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menerapkan model problem based learning dan diajar dengan menerapkan metode ekspositori di eklas III SDN 36 Pontianak Kota. Dari perhitungan effect size (ES) diperoleh ES sebesar 0,67 (kriteria sedang) berarti penerapan model problem based learning pada pembelajaran tematik memberi pengaruh sedang terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SDN 36 Pontianak Kota.

References

Affandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Unissula.

Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i1.153

Danuri, P. P., Maisaroh, S., & Prosa, P. G. S. D. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudra Biru.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Kurniawati, I., & Raharjo, T. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 2. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press.

Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.

Rohmatin, D. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Gamatika, 1(1).

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR.

Sihombing, V. T., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435-448. Diunduh di: https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1122

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8-26.Diunduh di:

Zakiyatun, C., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA NEGERI 7 PONTIANAK. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2)

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Mardiyanti, H. ., Tampubolon, B. ., & Salimi, A. . (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III SDN 36 PONTIANAK KOTA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3148–3153. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26192

Similar Articles

<< < 302 303 304 305 306 307 308 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)