PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI KELAS IV SD KARTIKA XVII-I PONTIANAK KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22951Keywords:
Pengembangan, Video pembelajaran animasi, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran animasi yang valid dan praktis digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran pada muatan pelajaran IPAS materi perubahan wujud zat di kelas IV SD Kartika XVII-I Pontianak Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan mangadaptasi model ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini yaitu adalah 30 peserta didik kelas IV SD Kartika XVII-I Pontianak Kota dan 2 orang validator ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video pembelajaran animasi sudah melalui lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kevalidan produk media video pembelajaran animasi pada aspek media memperoleh nilai sebesar 4.43 dengan kriteria “Sangat Valid”, dan pada aspek materi memperoleh nilai sebesesar 4.42 dengan kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan produk media video pembelajaran animasi memperoleh nilai sebesar 4.45 dengan kriteria “Sangat Praktis”.References
Jati, F.K., Kartono., & Halidjah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Powerpoint Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 319-328. Diunduh dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 08(05), 893-903. Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876
Haviz , M. (2016). Reseach and development; Penelitian dibidang kependidikan yang inovtif, produktif dan bermakna. Ta'dib, 16(1), 33. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2013 M.HavizRnDPenelitiandiBidangKependidikan.pd
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press
Ponza, P. J. R., Jampel, N., &Sudarma, K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 9-19. Diunduh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20257
Putri, S. D., & Citra, D. E. ( 2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education. 1(1), 49-54. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/271186-problematika-guru-dalam-menggunakan-medi-0dc3c92c.pdf
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Berti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.