EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN RANTAI MAKANAN SERTA JARING-JARING MAKANANKELAS V SD NEGERI 31 PONTIANAK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25934Keywords:
Efektivitas, Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Web, Sistem Pencernaan Manusia dan Rantai Makanan serta Jaring-jaring MakananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk bahan ajar berbasis web pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar. Bentuk penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 31 Pontianak Barat. Populasi dari penelitian ini sebanyak 29 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan teknik kuesioner/tes. Instrumen pada penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respons siswa, dan soal tes hasil belajar. Hasil dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan rata-rata skor keterlaksanaan 3,39 yang artinya kegiatan guru dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran tergolong “baik”. Hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis web “tidak efektif” karena kriteria efetif hasil belajar siswa adalah minimal 80% siswa mencapai KKM. Hasil respons siswa menggunakan bahan ajar berbasis web rata-rata persentase sebesar 73% yang artinya reaksi atau tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis web “baik”.References
Dewanti, L., & Yasmita, E. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Buku Cerita Bergambar Pada Siswa di SDN 17 Pasar Surantih Pesisir Selatan-Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 381-388.
Dwi, A. (2023). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA DALAM MENGATASI KRISIS PEMBELAJARAN (LEARNING LOSS) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Fadilah, N. U., & Suparwoto, S. (2016). Keterlaksanaan pembelajaran fisika implementasi kurikulum 2013 berdasarkan latar belakang akademik guru di MAN DIY. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 76-87.
Fernando, S., Sabri, T., & Suparjan, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 18-31.
Fitrianingrum, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis ARCS (Attention – Relevance – Convindence – Satisfaction) untuk meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Jarimatika Dengan Metode Blended Learning Di Unit Jaritmatika Center Salatiga [Tesis].
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.
Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A.,& Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6(1), 1224-1238, ISSN :2548-8201.
Mawali, H. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Siswa Dan Tujuan Pembelajaran Di Mts Al-Hidayah Cibodas Kabupaten Cilacap.
Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Miqro Dkk. 2021. “Efektivitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan”, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol. 4. No. 2.
Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Mts Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2503. Diunduh Pad
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia dini, 9 (1), 15-32, Doi:
Sari, A. S., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan 87 Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6), 571-581, ISSN: 2338-1183.
Satriani, S. Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 sirdap. Jurnal pendidikan matematika, 4(1).
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Suherman, E. (1993(. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta; Depdikbud.
Sukinah. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 33 Surabaya dalam Pelajaran Matematika Melalui Media Berbantuan Komputer. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 3: 1- 16.
Suryanto, D. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger dan Google site [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas maret
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2).
Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wiratama, W.M.P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on the Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 187-197. Diunduh di
Yuliati, L. (2013). Efektivitas bahan ajar IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).
Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif, Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1(2),13-20. Diunduh di
Zekri, Z., Ganefri, G., & Anwar, M. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital smk. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bernardino Realino Guido
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.