KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIBAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25135Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kualitatif, Deskriptif, Aritmatika Sosial.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta kelas VII dalam pembelajaran matematika materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada 30 orang dari kelas VII B. Proses pemilihan subjek dengan menggunakan nilai sesuai kategori. Metode pengumpulan data adalah tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digumakan adalah melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Kalibawang berada pada kategori rendah dengan persentase 45,55%. Kemampuan berpikir kritis untuk indikator interpretasi dengan persentase 70%, indikator analisis dengan persentase 53,33%, indikator evaluasi dengan persentase 46,67%, dan indikator inferensi dengan persentase 43,33% berada pada kategori rendah sedangkan indikator penjelasan dan indikator regulasi diri berada pada kategori rendah dengan persentase 30% dan 30%.References
Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
Aqib Zainal. Murtadlo Ali, Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan
Inovatif, Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2016.
Arif, M., & Hayudiyani, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 20-27.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dores, S. P., Jiran, O., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat, 2(2), 242-254.
Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What It Is and why it counts. 1-28
Fisher Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga.
Hermita Neni. 2021. Inovasi Pembelajaran Abad 21. Surabaya:Global Aksara Press.
Hidayanti, D., As' ari, A. R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 276-285.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.
Kurniasih, A. W. (2012). Scaffolding sebagai alternatif upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113-124.
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kristianto Aji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.