IMPLEMENTASI KEBIASAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN DOA-DOA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DI MTs AL WASHLIYAH TEMBUNG

Authors

  • Nurul Rafiqatul Hasanah Universitas Alwashliyah Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • Umy Firtiani Nasution Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24080

Keywords:

Kebiasaan Menghafal, Alqur’an, Doa-doa, Kemampuan Mengingat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk implementasi kebiasaan menghafal Al-Qur’an dan doa-doa dalam meningkatkan kemampuan mengingat siswa Di MTs Al-Washliyah Tembung. Kebiasaan menghafal adalah kebiasaan yang biasa dikerjakan dengan mengulang-ulang untuk hal yang sama dan berlangsung tanpa proses berpikir lagi. Tahapan kebiasaan ada enam tahapan yaitu, ber fikir, perekaman, pengulangan, penyimpanan, pengulanagan dan kebiasaan, dalam tahapan berpikir seseorang berfikir, tahapan perekaman seseorang berfikir sesuatu dan otak merekamnya. Tahapan pengulangan seseorang orang berfikir melakukan pengulangan dengan prilaku sama dengan rasa yang sama. Setelah melakukan pengulangan seseorang akan menyimpannya dalam otak dan mengingatnya setiap kali mengahdapi kondisi yang sama. Kebiasaan ini memfokuskan pada hafalan al qur’an dan doa-doa, misalnya seperti surah-surah, doa-doa dan praktik ibadah. Kemampuan mengingat merupakan kemampuan dasar otakdalam menerima informasi. Menurut Santrock, memory is the relation of information overtime though encoding, storage and retrieval. Memori adalah hubungan informasi dari waktu ke waktu melalui penerimaan, penyimpanan dan pengambilan kembali. Kemampuan mengingat memiliki beberapa tahapan yaitu, dalam mengolah satu informasi, yaitu diawali dengan penerimaan informasi itu sendiri. Selanjutnya informasi disimpan guna diolah menjadi suatu pengetahuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulisan menggunakan penelitian kualitatif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada siswa di MTs Al Washliyah Tembung.

References

Aini, N., Armanila, A., & Harahap, M. R. (2021). Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah. Hibrul Ulama, 3(2), 31–40. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v3i2.163

Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, A., Elfidayati, E., Azhari, A. zahro, Sinta, D., & Hafizhoh, S. (2022). Peran Desain Interior dalam Menunjang Kenyamanan Belajar Anak di RA Bi Al-Nazhar. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 65–82. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.5487

Faisal, J. A. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Gema Insani Press.

Nila, A., Zahra Lubis, H., & Nur, S. (2022). Implementasi Pendidikan Seks Berbasis Konsep Islam Pada Anak Usia Dini Di Masa New Normal. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 42–56. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1792

Nurhakim, F. (2022). Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Teori Pendidikan Kontemporer. Ta?limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal, 3(1), 106–121.

Rizkina, S., Armanila, A., Yuningsih, A., & Fitri, W. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional di RA. As-Syafiqah. Jurnal Raudhah, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2006

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Uhbiyati, A. A. & N. (2007). Ilmu Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Yusuf, K. M. (2013). Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Amzah.

Zuhri. (2016). Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya. CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Hasanah, N. R. ., Lubis, K. ., & Nasution, U. F. . (2023). IMPLEMENTASI KEBIASAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN DOA-DOA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DI MTs AL WASHLIYAH TEMBUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 988–993. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24080