URGENSI KUALITAS PENDIDIK YANG SESUAI DENGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MENCAPAI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23300Keywords:
Kebijakan, Pendidikan, Standar.Abstract
Standar Nasional Pendidikan diaplikasikan sebagai tumpuan dalam pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam meningkatkan kualitas pendidik untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif melalui teknik kajian jurnal. Penulis memanfaatkan metode ini agar dapat menemukan dan memiliki data yang mendalam dengan mengkaji berbagai penelitian terdahulu yang berkesinambungan mengenai fenomena atau permasalahan yang terjadi. Selain mencari data, penulis pun mencari teori yang mendukung fakta dan data yang telah didapatkan dari hasil kajian jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah diberlakukannya sebuah solusi sebagai usaha dalam menciptakan kualitas pendidik yang sesuai dengan kebijakan pendidikan dengan tujuan memajukan pendidikan Indonesia ditaraf nasional sehingga setara dengan pendidikan bertaraf internasional. Upaya ini dilakukan agar kualitas pendidik dapat dimaknai sebagai faktor penting dalam menciptakan generasi emas yang mampu bersaing di ranah internasional. Kebijakan dan kurikulum pendidikan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan Indoesia. Namun, pendidik memilki peran penting sebagai pengimplementasi rancangan kebijakan dan kurikulum pendidikan yang sudah direncanakan. Tanpa kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni, pendidik tidak akan mampu mengembangkan kebijakan tersebut sehingga tujuan pendidikan nasional dalan Standar Nasional Pendidikan pun akan sulit dicapai.References
Abdullah, A. F. A. (2013). Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia. Repository STKIP PGRI Sidoarjo: Jurnal Genta, 1(1), 1–13. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php?pilih=sej&modul=yes&action=detail&id=c9e1074f5b3f9fc8ea15d152add07294
Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi, 81–92. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1686227&val=18337&title=Standar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah
Albert N. Mitchell II, F. & C. (2023). International Education Database. The World Top 20. https://worldtop20.org/education-database/
Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan. 6(2), 269–282. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1294
Asyari, S. (2020). Supervisi kepala madrasah berbasis penilaian kinerja sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14
Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Bangun Rekaprima, 2(2), 13–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v2i2.453
Damanik, J. (2015). Upaya dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 151–160. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v8i3.126
Gaol, N. T. L. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 17–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.11781
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
Hermawan, I., Supiana, & Qiqi, Y. Z. (2020). Kebijakan Pengemabangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33
Indratiningsih, D. (2023). Kualitas Guru di Indonesia dan Korea Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2019–2030. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5409
Ismail, F. (2018). Mengurai Problematika Pendidikan Indonesia (Upaya Menjawab Tantangan Zaman). Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i2.558
Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan ISlam, 6(1), 43–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.789
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Raharjo, S. B., Yuliana, L., & Yudha, Y. H. (2018). Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 129–140. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.750
Rahmawati, A. N., Rochmah, N., Ayu, I., Putri, T., & Sumarni, T. (2021). Manajemen Stres Kerja Guru Teacher Work Stress Management. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (JPKMK), 1(2), 2807–3134. https://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/124/110
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/42/36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajriyatur Robi'ah, Prihantini Prihantini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.