ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Defany Dwi Rahmadhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghina Fauziah Hazimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Marsanda Claudia Parameswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20971

Keywords:

Kurikulum, Merdeka, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis secara menyeluruh problematika yang muncul saat menerapkan kurikulum merdeka di lingkungan sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka yang merupakan penelitian dengan cara mencari dan mengumpulkan data dari sumber-sumber seperti buku dan jurnal yang relevan. Hasil penelitian tentang problematika penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar mengidentifikasi sejumlah masalah yang meliputi kesulitan guru dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, kurangnya penguasaan teknologi dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang diusulkan mencakup mengadakan pelatihan guru, melaksanakan sosialisasi, pemanfaatan platform Merdeka Belajar, perbaikan serta peningkatan sarana dan prasarana, melakukan pengawasan dan monitoring, serta peningkatan kerjasama antar stakeholder pendidikan. Solusi-solusi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar.

References

Adlini, M. N., Dinda. A. H., Yulinda, S., Chotimah., O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 978–980.

Aslan, A. (2023). Pengantar Pendidikan.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Fadhilah, J. R., Oktira, Y. S., & Putra, D. A. (2022). The problem of independent curriculum’s application in the students of grade 1 at SDN 04 pasar ambacang, padang. TOFEDU:The Future of Education Journal, 1(1), 24–29.

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdek Belajar Kampus Merdeka dan General. Education.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655.

Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim?: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Dwinggo Samala, A., Rahman Riyanda, A., & Hendri Adi N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan , 4, 3011–3024.

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1).

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Ult.Kemdikbud.Go.Id.

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499.

Saleh, M. (2020). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. . Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4625–4640.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL SOKO GURU, 3(1), 1–9.

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 164–177.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Rahmadhani, D. D., Hazimah, G. F. ., Parameswara, M. C. ., Fatimah, S. ., & Prihantini, P. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1688–1692. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20971