PERAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK ETIKA PROFESSIONAL MAHASISWA

Authors

  • Sri Haryanto Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Rendika Vhalery Universitas Indraprasta PGRI
  • Antonius Rino Vanchapo STIKes Faathir Husada
  • Nur Azizah Politeknik Pajajaran ICB

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22091

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Professional.

Abstract

Jurnal ini membahas peran integrasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka dengan tujuan membentuk etika profesional mahasiswa. Kurikulum Merdeka, sebagai inovasi pendidikan yang menekankan fleksibilitas dan pemberdayaan mahasiswa, telah menjadi landasan penting dalam persiapan mahasiswa untuk tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menggali sejauh mana pendidikan karakter telah diintegrasikan dalam Kurikulum Merdeka dan bagaimana hal tersebut dapat membentuk etika profesional mahasiswa. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan wawancara dengan pengambil kebijakan pendidikan, dosen, dan mahasiswa. Analisis data menyoroti upaya integrasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka dan dampaknya pada perkembangan etika profesional mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka telah memainkan peran penting dalam membentuk etika profesional mahasiswa. Prinsip-prinsip karakter seperti integritas, tanggung jawab, dan kejujuran telah diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran dan praktik pembelajaran berbasis proyek. Dosen dan mahasiswa melaporkan peningkatan kesadaran dan penghargaan terhadap etika profesional sebagai hasil dari integrasi ini. Simpulan dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter dalam mendukung etika profesional mahasiswa dan mendorong pembentukan individu yang bertanggung jawab dan berintegritas dalam dunia kerja. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat dan memperluas integrasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka sebagai bagian dari upaya untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan nilai-nilai etika yang diperlukan untuk sukses dalam karier mereka.

References

Abdul Majid, D. A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Abdullah, M. (2015). Kontribusi Pendidikan Agama Terhadap Pendidikan Multikultural, Pendidikan Kewarganegaraan, Dan Pendidikan Karakter Bangsa: Studi Terhadap Ideologi Pendidikan Islam di Indonesia. Didaktika Religia. http://repository.iainkediri.ac.id/45/

Abuddin Nata. (2008). Manajemen Pendidikan (Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia) (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Ade Chita Putri Harahap. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.

Adibah, I. Z. (2014). Pendidikan multikultural sebagai wahana pembentukan karakter. Madaniyah, 4(2), 175–190. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/21

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179

Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2023). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. eJournal UNIB, 11(2), 234-245.

Ardi Saputro, B. (2021). Partisipasi Program Studi di Universitas PGRI Semarang Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 11(1), 1-10.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 15–37. http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Alfabeta.

H.E. Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter (Dewi Ispurwanti (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi. Jakarta: Kemendikbudristek.

Krisna, A., & Setiyawan, A. (2022). Persepsi Dosen Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Haryanto, S. ., Rukhmana, T. ., Ikhlas, A. ., Vhalery, R. ., Vanchapo, A. R. ., & Azizah, N. . (2023). PERAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK ETIKA PROFESSIONAL MAHASISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2638–2642. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22091

Similar Articles

<< < 115 116 117 118 119 120 121 122 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>