KOMPETENSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYUSUN MODUL AJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38676Keywords:
Kompetensi, Mahasiswa, Modul AjarAbstract
Pembelajaran matematika harus dilakukan dengan konsep keberpihakan pada peserta didik. Guru atau calon guru harus mampu mengemas pembelajaran dalam suatu modul ajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi mahasiswa calon guru Matematika dalam mengembangkan modul ajar. Rancangan penelitian sesuai dengan konsep penelitian kualitatif menggunakan dokumentasi hasil kerja mahasiswa berupa modul ajar. Mahasiswa memiliki kemampuan yang beragam dalam menyusun modul ajar. Mahasiswa berkemampuan tinggi mampu menyusun modul ajar sesuai dengan struktur modul ajar. Mahasiswa berkemampuan sedang sudah mencantumkan hampir semua komponen modul ajar. Sedangkan mahasiswa berkemampuan rendah, hanya mencantumkan beberapa komponen saja.References
Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.
Amelia, E., Adelia, K., dan Giwangsa, S.E. (2023). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Basica: Journal of Primary Education, 3 (2): 199 – 212. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/4597/2536
Baihaqi, M. F. ., & Utama, R. D. H. . 2024. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5443–5448. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28097
Datadikdasmen. 2022. Modul Ajar Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD. https://www.datadikdasmen.com/2022/07/modul-ajar-ikm-sd.html
Ditpsd. 2024. Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Jannah, F., Fathuddin, T.I., Zahra, P.T.A.. 2022. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Kemdikbud. 2024. Komponen dan Komponen Modul Ajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/
Kemdikbud. 2024. Komponen Modul Ajar. Ruang Kolaborasi. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/5010555956377-Komponen-Modul-Ajar
Maulida, U. 2022. Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138. https://pdfs.semanticscholar.org/e864/1976ae04c1c37748be882df0fabd99fad66d.pdf
Marlina, E. 2023. Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3 (1), 88 97. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
Mustofa, H. ., Nurmala, A. F., Dewanti, N. S. ., & Sukiyanto, S. (2024). Implementasi Modul Ajar Matematika Berbasis Makanan Tradisional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15388–15394. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36672
Prayitno, L.L., Mutianingsih, N., Lestai, D.A., Rosyidah, A.D.A., & Sumianto, D. 2023. Kesalahan Calon Guru Matematika dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Soulmath : Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 11(1): 31-46. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa/article/view/5694/2888
Rindayati, E. . ., Putri, C. A. D. . ., & Damariswara, R. 2022. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. 2023. Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Welas Listiani, Choirul Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




