PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MELALUI METODE RESITASI : PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MI AL – HIDAYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38652Keywords:
Matematika, Resitasi, PeningkatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di MI Al-Hidayah. Penelitian ini mengharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika mereka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Mills yang dilakukan dalam dua siklus yaitu pengumpulan data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (observasi). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode resitasi mampu meningkatkan secara signifikan prestasi belajar siswa kelas V MI Al-Hidayah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 20%, hal tersebut menunjukan bahwa metode resitasi memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.References
Agustina, H. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Metode Resitasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 4(2).
Anjar Sari, D., Kantun, S., & Djaja, S. (2019). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 109. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i1.10429
Eka Wahyu Ningtiyas, Arum Dwi Rahmawati, & Anwas Mashuri. (2024). Efektivitas Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Bojonegoro. Bilangan?: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 97–107. Https://Doi.Org/10.62383/Bilangan.V2i4.159
Fitri, L., Khasanah, U., Nyiayu, D., & Fuadiah, F. (2019). Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7).
Hermawan, C. M., Rosfiani, O., & Susanti, S. F. (2020). Stad Type Cooperative Learning Model: An Action In Learning Mathematics. International Journal Of Scientific And Technology Research, 9(4).
Hermawan, C. M., Rosfiani, O., & Lutfiana, V. (2020). The Effectiveness Of Direct Instruction Model In Mathematics Subjects: A Classroom Action Research In Elementary School. International Journal Of Scientific And Technology Research, 4, 2506–2509. Www.Ijstr.Org
Lafendy, F. (2023). “Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Lingkup Pendidikan.” Jurnal Tarbawi, 6.
Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal On Education, 1(1), 40–47.
Rahmah, Daniah, & Arusman. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display Terhadap Hasil Belajar Siswa Min 2 Bener Meriah. Pionir?: Jurnal Pendidikan, 11, 2022.
Sudin, M., Hermawan, C., Rosfiani, O., Ristiawati, W., & Hasanah, S. (2021). Improve Mathematics Pedagogical Content Knowledge And Verbal Communication Skills Through Cooperative Learning Type Jigsaw. Journal Of Physics: Conference Series, 1764(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1764/1/012094
Susilahati, Nurmalia, L., & Nurna Bella, M. (2023). Efektivitas Metode Resitasi Berbasis Read Challenge Terhadap Kemandirian Membaca Siswa Dalam Hybrid Learning. Holistika?: Jurnal Ilmiah Pgsd, 7.
Sutisno, A. (2017). Efektivitas Metode Resitasi Pada Pembelajaran Menulis Puisi. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Okta Rosfiani, Azka Putra Prawira, Rizky Mulya Ananda, Azkiya Maulana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.