DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38002Keywords:
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kehidupan Sosial, Literasi Digital, Media Sosial, Interaksi SosialAbstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan TIK terhadap kehidupan sosial dengan metode library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK memberikan dampak positif berupa efisiensi komunikasi, perluasan akses informasi, dan peluang kolaborasi global. Namun, terdapat pula dampak negatif seperti menurunnya kualitas interaksi tatap muka, penyebaran informasi palsu, dan potensi kecanduan teknologi. Penelitian ini menekankan pentingnya literasi digital untuk mengoptimalkan manfaat TIK dan mengurangi dampak negatifnya. Kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat diperlukan untuk menciptakan penggunaan TIK yang produktif dan bertanggung jawab.References
Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. B. (2023). DAMPAK TPACK PADA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PRAKTIK INTEGRASI TEKNOLOGI. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 235. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894
Dewi, N. P. A. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2016a). Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting Style) dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p11
Dewi, N. P. A. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2016b). Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting Style) dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p11
Hendriana, D. (2023a). PERAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEKHALIFAHAN MANUSIA. Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730
Hendriana, D. (2023b). PERAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEKHALIFAHAN MANUSIA. Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730
Hutapea, B. (2022). PENGUATAN PENGASUHAN DIGITAL ORANG TUA DALAM KOMUNITAS BERBASIS KEAGAMAAN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i1.18921
Mohamad Dedi. (2022). PERAN PGRI DI ERA DIGITAL?: Peluang dan Tantangan. SOSIOEDUKASI?: JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 11(1), 81–88. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i1.1892
Nadhifa Yumna Salsabila. (2023). The Relationship between Social Interaction and Interpersonal Communication in Class X-XI Students at UPGRIS Laboratory High School. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(6), 1245–1270. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i6.4639
Nuha, A. A. U., & Subahri, B. (2020). Deotoritasi Guru di Era New Media. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 185. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.616
Oos M. Anwas, O. M. A. (2013). Pembudayaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah. Jurnal Teknodik, 75–83. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.90
Putro, D. (2021). PERKEMBANGAN TREN MEMBACA KOMIK PADA ERA DIGITAL DI INDONESIA. SOURCE?: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 115. https://doi.org/10.35308/source.v7i2.3640
Rahayu, S., Kamal, M. A., Junjunan, A. R., Hakim, F. N., Fauzan, I. M., Isan, I. N., Nugraha, R. S., Setiawan, W., Faishal, W., Wahyuni, Y. S., & Hidayah, Z. Z. M. (2022a). Membangun Masyarakat Cerdas Dalam Literasi Digital. Jurnal PkM MIFTEK, 3(1), 32–37. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-1.1294
Rahayu, S., Kamal, M. A., Junjunan, A. R., Hakim, F. N., Fauzan, I. M., Isan, I. N., Nugraha, R. S., Setiawan, W., Faishal, W., Wahyuni, Y. S., & Hidayah, Z. Z. M. (2022b). Membangun Masyarakat Cerdas Dalam Literasi Digital. Jurnal PkM MIFTEK, 3(1), 32–37. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-1.1294
Rivalina, R. (2015). KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 165–176. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121
Sativa, Y. A., & Badu Kusuma, A. (2021). Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. SAINTIFIK, 7(2). https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 224 Sriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




