PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PHONÉTIQUE DU FRANÇAIS UNTUK PEMBELAJARAN MIKRO/MICROLEARNING

Authors

  • Subur Ismail Universitas Negeri Jakarta
  • Ratna Ratna Universitas Negeri Jakarta
  • Wahyu Tri Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Yunilis Andika Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38232

Keywords:

ADDIE, Microlerning, Phonétique du Français.

Abstract

Phonétique du Français merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ dengan bobot 2 sks.  Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester kedua dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Prancis.  Dalam proses pembelajaran muncul permasalahan yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah adanya kesenjangan antara kemampuan bahasa Prancis mahasiswa semester kedua dan bahasa yang digunakan dalam sumber-sumber pustaka kajian mengenai fonologi dan foneetik bahasa Prancis.  Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan melakukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bahasa mahasiswa.  Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang mencakup Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation dengan durasi penelian 3 tahun. Pada tahap ini memasuki tahap pengembangan yang telah menghasilkan 14 bahan ajar Phonétique du Français untuk pembelajaran mikro atau microlearning.  Bentuk pembelajaran mikro atau microlearning dipilih lebih banyak menggunakan video microlearning.

References

Allela,Melisa.2021.Introduction to Microlearning.Canada.Commonwealth of Learning (COL) Publisher.

Esraa Mohammed Mohsen, Badary.2020. Impact de l’ usage du micro-apprentissage sur le

Cadre Européen Commun de Référence pour Les Langues : Apprendre, Enseigner,Évaluer.2021. https://www.coe.int/fr/web/common-european- framework-reference-languages

Editya, Dian, Netaniel, Dewi.2018.Gaya Belajar Siswa Generasi Z (lahir tahun 1995- 2014).https://www.researchgate.net/publication/329219647_GAYA_BELAJAR_SISW A_GENERASI_Z_lahir_tahun_1995-2014

Kapp, Karl M. and Robyn A. Defelice.2019.Microlearning Short and Sweet.Association for Talent Development Publisher.

Marinskaya.2020.Micro-Learning Efficiency For Foreign Language Teaching.DOI: 10.15405/epsbs.2020.12.02.85

Mohammed,Wakil,Nawroly.2018.The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning

Puntillo.2023.Le micro-apprentissage dans l’education : Comment impliquer les etudiants dans un apprentissage par petits bouts.

Romadhona.2023.Teknologi Jadi Nafas Gen Z, Tonggak Penentu Indonesia Maju.

Downloads

Published

2024-11-24

How to Cite

Ismail, S. ., Ratna, R., Widyastuti, W. T. ., & Andika, Y. . (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PHONÉTIQUE DU FRANÇAIS UNTUK PEMBELAJARAN MIKRO/MICROLEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16799–16803. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38232

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.