OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP SUPERPOSISI GELOMBANG CELAH GANDA DENGAN SIMULASI INTERAKTIF PHET

Authors

  • Gustanta Gustanta Universitas Negeri Medan
  • Nabilla Puspa Sari Universitas Negeri Medan
  • Vincen Ision Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Zahara Putri Rahadis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38463

Keywords:

Pemahaman, Superposisi Gelombang, Celah Ganda, PhET Simulation

Abstract

Mata kuliah fisika kuantum pada materi super posisi gelombang pada celah ganda merupakan materi pada mata kuliah fisika kuantum dalam program gelar pendidikan fisika yang sering  dianggap sulit oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penggunaan simulasi PhET interaktif meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep superposisi gelombang dalam eksperimen celah ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan data dari studi lapangan  yang dilakukan di salah satu universitas di Medan. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa semester 7, dengan jumlah sampel sebanyak  5 mahasisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Instrument test. Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kesulitan yang dialami mahasiswa terhadap materi ajar Superposisi gelombang pada celah ganda dan alasannya. Berdasarkan hasil pre-tes dan pos-tes, penggunaan Phet dalam pembelajaran Fisika Kuantum memberikan peningkatan pemahaman pada sebagian besar mahasiswa. . Peningkatan ini terlihat dari kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan konsep superposisi dan keterkaitannya dengan eksperimen celah ganda. 

References

Nurhuda, T., & Irvani, A. I. (2021). Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menggunakan Perangkat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(1), 33–38.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580– 597.

Doyan, A., Susilawati, S., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Fisika Kuantum Bagi Mahasiswa Calon Guru. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 278–283.

Handhika, J. Fatmaryanti, S. D. Khasanah, W. N. Viyanti, Budiarti, I. S. (2020). Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media.

Doyan, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Pada Matakuliah Fisika Kuantum Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 1-8.

Hidayatulloh, A. Malikah, Hr. B. Hardani. (2018). Peningkatan Metakognitif Mahasiswa Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum. Kappa Journal, 11 (1), 35-37.

Rahman, M. M. Doyan, A. Sutrio. (2021). The Effectiveness of Video-Assisted MultiRepresentation ApproachLearning Tools to Improve Students' Critical Thinking Ability. Journal of Research in Science Education, 7 (special Issue), 56-50.

Dewantara, D. Mahmudah, S. Ramadayanti, S. Syafriansyah. (2021). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Materi Fenomena Kuantum. Prosiding Seminar Nasional Sains (pp. 430- 434). Unindra.

Abdjul, T. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Dan Cahaya Di SMA Kabupaten Bone Bolango. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 1, No. 1, pp. 382-387).

Budhu, M. (2002). Virtual laboratories for engineering education. In International conference on engineering education (pp. 12-18). Manchester, UK

Ariani, T., & Saparini, S. (2015). Penentuan Pola-Pola Interferensi Menggunakan Kisi Difraksi Dengan Medium Udara, Air Dan Asam Cuka. Jurnal Perspektif Pendidikan, 9(1), 78-89.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Gustanta, G., Sari, N. P. ., Sinaga, V. I. ., & Rahadis, Z. P. . (2024). OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP SUPERPOSISI GELOMBANG CELAH GANDA DENGAN SIMULASI INTERAKTIF PHET. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16930–166946. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38463

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.