PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS V SD NEGERI 3 SUNTALANGU

Authors

  • Sabahiyah Sabahiyah Stkip Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45104

Keywords:

Circuit Learning, Power Point, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan power point kelas V SD Negeri 3 Suntalangu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Celassrooom management) yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu, merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Suntalangu yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 18 perempuan. Data pemahaman konsep IPS dikumpulkan dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan pilihan ganda, setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan power point dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Suntalangu. Pada siklus I rata-rata pemahaman konsep IPS siswa sebesar 68,74 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 66% sedangkan pada siklus II rata-rata pemahaman konsep IPS siswa sebesar 72,53 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90%.

References

Arikunto, S. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Budiyanto, M.AK. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (Scl). Malang : UMM Press.

Daniyati, A., Ismy B.S., Ricken W., Siti A.S., & Usep S. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, Vol.1, No.1.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Deporter, Bobbi, Mark, R., Sarah, S.N. (2010). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung:Kaifa.

Ekasari, N. (2021). Penerapan Metode Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 2.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), Vol.1, No.2.

Fahri, M., Saffana N., Fahmi I. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas 4 Mi Raudlatul Muta’alimin Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education Edisi, Vol.7, No.3.

Fajarsari, D.A., Aren F., Armi Y. (2024). Penerapan Model Circuit Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 50 Lubuklinggau. Primary Education Journalsilampar, Vol. 6, No.2.

Hamalik, O. (1992). Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Huda, M. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, Vol.3,No.1.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudijono, A .(2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Wardani, IGAK.dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Sabahiyah, S. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS V SD NEGERI 3 SUNTALANGU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5156–5161. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45104

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.