NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HELLO KARYA TERE LIYE: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Authors

  • Marsel Saulina S Universitas Sumatera Utara
  • Nurhayati Harahap Universitas Sumatera Utara
  • Bambang Riyanto Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50503

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fungsi karya sastra yaitu sebagai dulce et utile yang berarti hiburan dan berguna. Salah satu kegunaannya adalah dengan mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Hello karya Tere Liye dengan menggunakan teori nilai-nilai pendidikan karakter Kemendiknas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Hello karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra yang berguna untuk mengkaji bagaimana perilaku tokoh sebagai anggota masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu menguraikan dan menjelaskan fakta yang terdapat pada teks novel Hello yang disajikan dalam bentuk kutipan dan teknik mengumpulkan data adalah dengan metode studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat pada novel Hello. Dari hasil penelitian, ditemukan sepuluh nilai pendidikan karakter, peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, disiplin, religius, cinta damai, bersahabat/komunikatif, dan cinta tanah air dan setiap data telah menggambarkan nilai pendidikan yang dapat dijadikan contoh bagi pembaca.

References

Abubakar, H. R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. https://digilib .uin-suka. ac.id/ id/ eprint/42716/ 1/PENGANTAR% 20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf

Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. Raja Grafindo Persada

Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Deepublish. https://repository.unimal.ac.id/5007/2/Isi%20Buku%20Apa%20Itu%20Sastra_v.3.0_Unesco.pdf

Ansori., Sri, R., Akhmad, R. (2022). Prosa Fiksi Pengantar dan Beberapa Usaha Menuliskannya. Surya pustaka ilmu. https://repository. unsri.ac.id /42124/1/Buku%20Prosa%20Fiksi%20Rizqi%2C%20Sri%20Rara%2C%20Ansori.pdf

Baharuddin. (2021). Pengantar Sosiologi. Sanabil. https://repository.uinmataram.ac.id/1040/1/FTK-IPS-Baharudin-PENGANTAR%20SOSIOLOGI.pdf

Faruk (2017). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. PUSTAKA PELAJAR

Haslinda. (2022). Teori Sastra Memahami Genre Puisi, Prosa Fiksi dan Drama/Teater. LPP Unismuh Makasar. https:// digilibadmin. Unismuh .ac.id/upload/42420-Full_Text.pdf

Huberman, A. M & Matthew, B. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia

Sekretariat. (2022, 13 Juni). Peraih Ikapi Awards dari Tahun ke Tahun. Tulisan pada https://www.ikapi.org/2022/06/13/peraih-ikapi-awards-dari-tahun-ke-tahun/

Kartini. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Savana karya Tere Liye (Sikripsi). Tersedia dari https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6839/1/skripsi%20yudisium%20kart%20ok1.pdf

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya. 2. 7-17. Diakses dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/3880

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-154.

Liye, T. (2023, 9 April), Hello by Tere Liye. Tulisan pada https://www.goodreads.com/book/show/140360896-hello

Martha, N. U., Karyoto., Lalita, M. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Si Anak Spesial” Karya Tere Liye: Kajian Sosiologi Sastra dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. X. Diakses dari https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/download/4333/2384

Mustikasari, N. (2018). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari serta relevansinya sebagai materi ajar di SMA (Sikripsi). Di akses dari https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/35505

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku%20metode%20penelitian%20kualitatif.Abdul%20Fattah.pdf

Nugroho, B. A. (2019). Perlawanan Perempuan Terhadap Dominasi Patriarki dalam Novel Geni jora Karya Abidah El Khalieqy Kajian Feminisme Psikoanalisis Karen Horney. Sastra Indonesia. 8. 149. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/33719/14120

Rasyimah, Amna, Iba, H. (2022). Analisis Unsur Intrinsik dalam Novel Te O Toriatte (Genggam cinta) karya Akmal Nasery Basral. Kande. 3. 228. Diakses dari https://ojs.unimal.ac.id/index.php/kande/article/view/9450/0

Simalango, E., Ermina, W., Putri, Y. H., Destika, A. (2020). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo. Kode. 9. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012//index.php/kjb/article/view/22046

Sudirman & Arie Ambarwati (2023). Pengantar Memahami 18 Nilai Pendidikan Karakter. Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung. https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

Suyanto, B & J, Dwi. N. (2010). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Kencana

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. IAIN Jember Press. http://digilib. uinkhas.ac.id /1723/ 1/BUKU%20SOFYAN%20TSAURI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%202015.pdf

Ulya, C., Nisa, A. A., Herman, J. W. (2019). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. BASASTRA. 7. 177. Diakses dari https://jurnal. uns.ac.id /Basastra/ article/ viewFile/35507/23071

Widiyantiah. (2024). Nilai Pendidikan Karakter dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye (Kajian Sosiologi Sastra) (Sikripsi). Tersedia dari https://repository.ubt.ac.id/repository/UBT22-05-2024-083611.pdf

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Kanwa. https:// www .researchgate .net/ publication/321069527_SOSIOLOGI_SASTRA

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

S, M. S., Harahap, N., & Riyanto, B. (2025). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HELLO KARYA TERE LIYE: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7562–7570. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50503