MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21987Keywords:
Media Pembelajaran, Scrapbook, Segiempat dan Segitiga.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami konsep segiempat dan segitiga, media yang dikembangkan berupa scrapbook Matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Hasil menunjukan bahwa Persentase kevalidan media sebesar 82,5% dan kepraktisan media sebesar 88,2%. Penelitian juga menunjukkan bahwa media mampu menunjang kegiatan belajar siswa serta memotivasi siswa dalam belajar.References
Astuti, P. . (2013). Peningkatan Menulis Poster Dengan Pendekatan Konstekstual Menggunakan Media Scrapbook Bertema Konservasi Budaya Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.
Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamzah, A. S. (1981). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Murjainah. (2016). Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecenderungan Peru-bahan Litosfer Di Muka Bumi Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Universitas PGRI Palembang.
Nursidrati. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan matriks pada perkalian matriks. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 223–228.
Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Sukadi. (2007). Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: kolbu.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. University of Minnesota.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nursidrati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.