MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Authors

  • Nursidrati Nursidrati STKIP Al-Amin Dompu
  • Qurban Hajar STKIP Al-Amin Dompu
  • Siama Siama STKIP Al-Amin Dompu
  • Nurlailah Nurlailah STKIP Al-Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21987

Keywords:

Media Pembelajaran, Scrapbook, Segiempat dan Segitiga.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami konsep segiempat dan segitiga, media yang dikembangkan berupa scrapbook Matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Hasil menunjukan bahwa Persentase kevalidan media sebesar 82,5% dan kepraktisan media sebesar 88,2%. Penelitian juga menunjukkan bahwa media mampu menunjang kegiatan belajar siswa serta memotivasi siswa dalam belajar.

References

Astuti, P. . (2013). Peningkatan Menulis Poster Dengan Pendekatan Konstekstual Menggunakan Media Scrapbook Bertema Konservasi Budaya Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamzah, A. S. (1981). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murjainah. (2016). Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecenderungan Peru-bahan Litosfer Di Muka Bumi Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Universitas PGRI Palembang.

Nursidrati. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan matriks pada perkalian matriks. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 223–228.

Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Sukadi. (2007). Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: kolbu.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. University of Minnesota.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Nursidrati, N., Hajar , Q. ., Siama, S., & Nurlailah, N. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2492–2497. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21987

Most read articles by the same author(s)