PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI MAKNA SILA-SILA PANCASILA DI MASYARAKAT UNTUK SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Desnita Desnita Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47614

Keywords:

Bahan ajar digital, Powerpoint interaktif, sila-sila Pancasila

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut pengembangan bahan ajar digital interaktif untuk mendukung pembelajaran yang kontekstual. Pendidikan Pancasila di sekolah dasar memerlukan strategi pembelajaran yang mampu menghubungkan nilai-nilai Pancasila dengan pengalaman sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Digital Berbasis Powerpoint Interaktif Pada Materi Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat Untuk Siswa Kelas IV SD.   penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu: tahapan analysis, tahapan design dan tahapan development. Sumber data pada penelitian ini yaitu melibatkan 6 validator ahli yang terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif dengan menggunakan skala likert. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa untuk menguji kelayakan. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil validitas terhadap bahan ajar digital berbasis powerpoint interaktif ini divalidasikan dengan ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa dimana meliputi 6 validator untuk mengetahui layak dan maksimalnya powerpoint interaktif yang telah dikembangkan, maka powerpoint interaktif ini sudah mencapai tingkat kevalidan yaitu sangat valid. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 94,25% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa diperoleh persentase 95,33% dengan kategori sangat valid dan ahli desain diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat valid.

References

Akhyar, M. S., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772

Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. (2022). Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 6(2), 351. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i2.487

Amelia, S., Riyanjani, E., & Ardjyanti, P. (2025). Transformasi Peran Guru: Dari Pengejar Menuju Fasilitator Pembelajaran Abad 21. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 8(8).

Dede Kurniawan, Priharto, N. D., & Lubis, Y. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id

Efriani, K. R., Kartono, & Halidjah, Siti. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Microsoft Powerpoint Tema 9 Subtema 2 Kelas V SD Negeri 13 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(02), 12885–12894.

Fierna, M. F. J. L. P., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K., & Putri, N. G. A. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2).

Lestari, D., Nasir Malik, M., & Suhardi Rahman, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Prodi Ptik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Elektirk, 17(3), 102–105.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mahulae, P. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar. Tahta Media Grup.

Meyrisya, C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Menghargai Keberagaman Dilingkungan Sekitar Kelas V Di Sdn 006 Terpadu Kubang Jaya. Universitas Islam Riau.

Midiyanto, V. F. F., & Hunaifi, A. A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan. Seminar Nasional Sains, 255–260.

Muflich, R. M. R., & Nursikin, M. (2023). Pandangan John Dewey Dan Jean Piaget Terhadap P Kurikulum Pendidikan: Perspektif Teori Pembelajaran Aktif Dan Konstruktivisme. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6).

Munawar, B., Hasyim, A. F., & Ma’arif, M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(2), 310–321.

Onny, B., Nugrahani, A., Winanto, A., Pendidikan Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 2 Aku Anak Mandiri untuk Meningkatkan Minat Belajar. 5(11). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Simangunsong, U. F., & Mustika, D. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas Iii Sekolah Dasar. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(01), 37–54.

Slamet, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Interactive Powerpoint Learning Media In Basic School Of Learning Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 8(2), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44

Sya’ada, M. W. (2021). Penggunaan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Surat Pribadi Dan Surat Dinas Di Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Temayang. Bapala, 8(4), 17–30.

Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Interaktif Menggunakan Bahan Ajar Powerpoint Berefektif Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2).

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Desnita, D., & Ramadan, Z. H. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI MAKNA SILA-SILA PANCASILA DI MASYARAKAT UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6112–6222. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47614

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.