UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CARDBOARD TOYS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34652Keywords:
Kreativitas, Sekolah Dasar, Media Cardboard ToysAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar dengan Media Cardboard Toys. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dimana teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data hasil observasi siswa yang dilakukan dengan memberikan penilaian menggunakan skala likert, sedangkan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPTD SDN 2 Temiyang dengan jumlah 33 siswa. Berdasarkan hasil observasi penggunaan media Cardboard Toys, nilai rata-rata pada pada observasi awal sebesar 58,56%. Nilai yang diperoleh pada observasi awal tersebut termasuk dalam kategori Mulai Berkembang. Sedangkan pada observasi akhir, kreativitas siswa kreativitas siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,75%. Nilai yang diperoleh pada observasi akhir termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Dari hasil yang diperoleh pada observasi awal dan observasi awal dan observasi akhir, dapat menunjukkan adanya peningkatan sebesar 32,19%. Dengan adanya peningkatan tersebut, maka media Cardboard Toys dapat dikatakan dapat meningkatkan kreativitas siswa.References
Devantari, N. M. A. V., Wiyasa, I. K. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Problem Based Learning Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1520–1527.
Fauziyah, R. (2014). Pemanfaatan Kardus Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 126-133.
Haritsa, M., Setyawati, S., Mulianingsih, Triyanto, M., Husni. M. (2024). Pengembangan Media Kado Raya (Kartu Domino Ragam Budaya) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Masbagik Timur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12926-12934.
Ilhamudin, D. S., Fathurohman, & Anwar, A. S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran SBdP Siswa Kelas IV Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Medangasem IV. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7669-7674.
Imroati. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dengan Memanfaatkan Barang Bekas. Jurnal Educatio, 14(1), 64-72.
Muktadir, A., Wardhani, P. A., & Arif, A. (2020). Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 146- 156.
Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahma, N. R., Umar, Kusnadi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Materi Seni Tari Kreasi Pada Mata Pelajaran SBDP di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 215-232.
Solikhah, A. I., Rarnaningsih, A., & Khaq, M. (2023). Penerapan Scrapbook sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dalam Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 32-38.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 43-48.
Wardan, A. I., Ningrum, K. S., Amelia, R., & Prakus, S. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBDP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-12.
Wulandari, A. R., Suparmanto, Walid, M., & Nada, N, Q. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Cardboard Box Dalam Mengevaluasi Pemahaman Nahwu Siswa MTs Ittihadul Ummah. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 185-201.
Wulandari, M. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5, 3928-3936
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marsanda Claudia Parameswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.