DINAMIKA PERKEMBANGAN KURIKULUM DI SMA DON BOSCO PADANG TAHUN 2013-2024

Authors

  • Marthaliza Marthaliza Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Ofianto Universitas Negeri Padang
  • Siti Fatimah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30196

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Perkembangan Kurikulum, Peminatan

Abstract

Artikel ini membahas dinamika perkembangan kurikulum di SMA Don Bosco Padang dari tahun 2013 hingga 2024, dengan fokus pada implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Masalah yang dihadapi mencakup kebutuhan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan zaman, kebutuhan siswa, dan kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai inisiatif, termasuk pengembangan peminatan, peningkatan kualitas guru, integrasi teknologi, dan peningkatan infrastruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah dengan tahapan pengumpulan data primer dan sekunder, kritik sumber, serta interpretasi dan analisis data. Pembahasan mencakup pengenalan kelas Cambridge, penyempurnaan proses pembelajaran, peningkatan partisipasi siswa, dan implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mandiri dan pengembangan karakter. Hasil penelitian menunjukkan komitmen SMA Don Bosco Padang untuk menyediakan pendidikan yang inovatif dan relevan, membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan global.

References

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dias Pradadimara, Sarkawi B. Husain, T. W. M. I. (2022). No Title (R. dan T. R. I. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan (ed.)).

Gozzschalk, L. (1986). NoTitle. UI Press.

Hariyadin, & Nasihudin. (2021). Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 733–743.

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840.

Purnomo, E., & Triwiyono, E. (2019). The 2013 Curriculum-Based Learning Evaluation at Vocational High Schools in Yogyakarta Special Region. Journal of Physics: ConferenceSeries, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012028.

Ramadani, I. R., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Basic concepts and curriculum theory in education. SCHOULID:IndonesianJournalofSchoolCounseling, 6(1), 9. https://doi.org/10.23916/08741011.

Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Muhammadiah, M., & Nurmiati, A. S. (2023). Peningkatan Kualitas Guru : Pelatihan dan Pengembangan Profesional dalam Pendidikan. CommunnityDevelopmentJournal, 4(6), 13441.

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353.

Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar Di Indonesia Dan Perbedaan Dengan Kurikulum Di Beberapa Negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 95. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Marthaliza, M., Ofianto, O., & Fatimah, S. . (2024). DINAMIKA PERKEMBANGAN KURIKULUM DI SMA DON BOSCO PADANG TAHUN 2013-2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8227–8232. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30196