MOTIVASI DIRI DAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20333Keywords:
Motivasi diri, Perencanaan Karir, Siswa.Abstract
Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi diri siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Fenomena ini menjadi perhatian bagi sekolah karena berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Perencanaan pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan juga masih tergolong lemah. Artinya siswa masih belum memahami minat pada dirinya, sehingga siswa masih bingung untuk memilih jenjang selanjutnya. Prodamat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi diri dalam belajar pada siswa dan membantu siswa merancang perencanaan karir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan prodamat ini adalah ceramah dan Focus Group Discussion (FGD). Objek prodamat ini siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan prodamat ini ialah 129 siswa. Kemudian hasil dari penilaian motivasi diri belajar pada siswa menunjukkan nilai -6,395 dan perencanaan karir -5,540 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,01). Setelah dilaksanakannya kegiatan prodamat ini diperoleh hasil yaitu pertama, motivasi diri pada siswa mengalami peningkatan dan kedua, siswa lebih matang dalam merancang perencanaan karir kedepannya.References
A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. Vol. 3, No.2.
Dalyono, M dan TIM MKDK IKIP Semarang. (1997). Psikologi Pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.
Dillard, J. M. (1985). Life Long Career Planning. Ohio: A Bell & Howell Company.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hurlock, E. B. (2019). Psikologi Perkembangan (5 ed.). Erlangga.
Inayah, E. R. (2013). Motivasi Berprestasi Dan Self Regulated Learning. Cognicia, 1(2).
Laia, T. Y & Nasution, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Bappeda Kota Medan. Jurnal Bisnis Corporate, Vol. 7 No. 1.
Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan bimbingan karier untuk siswa smp kelas ix. 3(4), 151–157.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi, vol. 3, no. 2, pp. 37 – 48.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok : Rajawali Pers.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ix-1 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-201. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. Vol.15, No. 3.
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96
Utomo, Y.T. (2018). Hubungan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajran Pekerjaan Dasar Otomotif (PDO) di SMK Prakarya Internasional, Universitas Pendidikan Indonesia.
Witko, K. (2005). Senior High School Career Planning: What Students Want. Journal of Educational Enquiry. Vol. 6, No. 1, pp.: 34-49.
Zain, N. L. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 6, 146–158. https://www.jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/4947/2596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hafizul Hanif, Anggie Liliana, Gian Nitary, Maharesi Upoyo Tinarbuko, Yuzarion Yuzarion
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.