EFIKASI DIRI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667Keywords:
Efikasi Diri, Proses PembelajaranAbstract
Efikasi diri merupakan keyakinan atau kepercayaan individu mengenai kemampuan dirinya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan-kecakapan tertentu. Proses psikologis efikasi diri dalam mempengaruhi fungsi manusia, melalui empat proses, yaitu: (1) Proses kognitif; (2) Proses motivasi; (3) Proses afeksi; dan (4) Proses Seleksi. Perkembangan efikasi diri siswa dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah peran guru. Guru dapat meyakini siswa akan kemampuan yang dimilikinya sehingga siswa memiliki kepercayaan diri selama proses pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan guru dalam meningkatkan efikasi diri siswa bertujuan menghasilkan siswa yang dapat memperbaiki diri dan merefleksikan diri atas kelemahan diri dalam proses pembelajaran selama iniReferences
Feist. 2011. Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schustack, 2008. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.
Anggara, Fery, Yusuf, Muri, A. dan Marjohan, 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling
dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian. Konselor, 5 (1): 43.
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Novariandhini, Ayu, D. dan Latifah, Melly. 2012. Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa SMA pada Berbagai Model Pembelajaran. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 5 (2): 139.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Teluk dalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sufirmansyah. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana Prodi PAI STAIN Kediri dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Didaktika Religia, 3 (2): 141.
Schunk, D. & Frank Pajares. 2005. Development of Academic Self-Efficacy. San Diego: Academic Press.
Widaryati, Sri. 2013. Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (2): 96.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139