AN EXPLORATION ENGLISH TEACHERS PERCEIVED IMPACTS OF REFLECTIVE TEACHING ON CLASSROOMS ACTIVITIES AT SMPN 1 SAKRA TIMUR

Authors

  • Maman Asrobi Universitas Hamzanwadi
  • Tesa Widiya Nurimartina Universitas Hamzanwadi
  • Siti Ayu Surayya Universitas Hamzanwadi
  • Laila Wati Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20004

Keywords:

Strategi Reflektif, Penilaian Diri, Pengembangan Profesionalisme, SMPN 1 Sakra Timur

Abstract

Peran refleksi dalam meningkatkan pengembangan profesional guru dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan telah diakui secara luas. Dengan merefleksikan praktik mengajar, guru bisa membuat keputusan yang lebih tepat ketika merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan mengajar mereka. Merefleksikan proses pengajaran dan pembelajaran telah dilakukan sebagai cara penting dalam rangka menilai diri sendiri guna bisa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengajaran reflektif dan strategi yang digunakan oleh para guru bahasa Inggris untuk merefleksikan pengajaran mereka. Riset ini menerapkan metode kuantitatif untuk mengeksplorasi hubungan antara kebiasaan mengajar reflektif dan proses belajar-mengajar. Riset ini dilakukan di SMPN 1 Sakra Timur dengan fokus pada siswa kelas sembilan. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner, memberi pemahaman terkait prevalensi serta dampak praktik pengajaran reflektif. Hasil riset ini menunjukkan bahwa guru yang mempunyai kebiasaan reflektif dalam mengajar cenderung mencapai hasil yang lebih baik pada proses pembelajaran. Riset ini menemukan bahwa refleksi guru membantu siswa agar bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam metode pembelajaran sehingga bisa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan efektivitas pengajaran. Berlandaskan hasil penelitian, ditemukan bahwa kebiasaan guru mempengaruhi proses pembelejaran di kelas. Hal ini terlihat dari tingginya jumlah pengisian kuesioner.

References

Amatari, V. O. (2015). The Instructional Process: A Review of Flanders’ Interaction Analysis in a Classroom Setting. International Journal of Secondary Education, 3(5), 43–49. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20150305.11

Amundrud, A., Rasmussen, I., & Warwick, P. (2022). Teaching talk for learning during co-located microblogging activities. Learning, Culture and Social Interaction, 34(4), 100618.

Anisah, N., Fitriati, S. W., & Rukmini, D. (2019). Teachers’questioning strategies to scaffold students’ learning in reading. English Education Journal, 9(1), 128–143

Daga, A. T. (2021). Implementation of Character Education During the Covid-19 Pandemic in Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 836. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8448

Gaftandzhieva, S., Doneva, R., Zhekova, M., & Pashev, G. (2023). Towards Automated Evaluation of the Quality of Educational Services in HEIs. IJACSA: International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(8), 150–165.

Indriyani, C. E., & Trioktawiani, F. R. (2019). Teacher talks : an analysis of direct and indirect influences for young learners in EFL class. JELE (Journal of English Language and Education), 5(2), 99–106.

Jemadi, F., Par, L., Ekalia, Y. J., & Nabung, A. (2023). Inhibitory Factors of Reflective Teaching Practices: English Teachers’ Perspectives. VELES: Oices of English Language Education Society, 7(1), 96–104.

Kholid, N., Sastrawan, D., & Buntoro, F. (2023). Problematika Interaksi Siswa Dalam Penggunaan Bahasa Arab dan Inggris Di Pondok Pesantren. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 8–13.

Kholis, Z., & Madya, S. (2021). Reflective Teaching Practice among EFL Teachers in Special Region of Yogyakarta. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 5(2), 508–524.

Maharani, F., & Fithriani, R. (2023). Exploring Challenges EFL Pre-Service Teachers Experience in Teaching Practicum: A Transformative Learning Perspective. SCOPE: Journal of English Language Teaching, 07(02), 173–180.

Melati, E., Kurniawan, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 14–20.

Paramartha, I. W. S. O., Myartawan, I. P. N. W., & Pratiwi, N. P. A. (2021). English Teachers’ Reflective Thinking Practice During the Online Learning at SMAN 2 Singaraja. Acitya?: Journal of Teaching & Education, 3(2), 245–256.

Wahyuni, L. G. E. (2023). The Employment of EFL English Teachers ’ Reflective Teaching: Types and Tools for Assessing Oneself. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 67–78.

Y?ld?r?m, T. (2017). An Examination of Geography Teachers’ Reflective Thinking Tendencies. International Journal of Higher Education, 6(6), 78–90.

Zahid, M., & Khanam, A. (2019). Effect of Reflective Teaching Practices on the Performance of Prospective Teachers. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(1), 32–43.

Zulfa, L. A. (2017). Problematika Dalam Melakukan Tindakan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Teknologi, 02(02), 120–130.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Asrobi, M. ., Nurimartina, T. W. ., Surayya, S. A. ., & Wati, L. . (2023). AN EXPLORATION ENGLISH TEACHERS PERCEIVED IMPACTS OF REFLECTIVE TEACHING ON CLASSROOMS ACTIVITIES AT SMPN 1 SAKRA TIMUR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 656–662. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20004

Most read articles by the same author(s)