AN ANALYSIS OF TEACHERS’ SUMMATIVE ASSESSMENT: EXAMINING THE QUALITY OF TEACHER-MADE TEST
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33790Keywords:
Penilaian Summative, Tes Buatan Guru, Kualitas TesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas tes yang dibuat oleh guru dalam penilaian sumatif siswa. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan 30 peserta dari MA Hamzanwadi Pancor di kelas dua belas. Teknik sampling purposive digunakan untuk memilih peserta yang sedang mengikuti ujian akhir mereka. Untuk mengumpulkan data, peneliti mengambil lembar ujian, lembar jawaban, dan kunci jawaban siswa dalam bentuk soft copy dan digital, kemudian dianalisis menggunakan MS Excel 2016. Hasilnya menunjukkan empat aspek untuk menentukan kualitas tes yang dibuat oleh guru, yaitu indeks kesulitan, indeks diskriminasi, validitas, dan uji reliabilitas. Hasil indeks kesulitan menunjukkan bahwa 33,66% soal dapat diterima, 15,30% terlalu sulit, dan 2,4% terlalu mudah. Indeks diskriminasi mengungkapkan bahwa 14,28% soal memiliki diskriminasi yang baik, sementara 36,72% memiliki diskriminasi yang buruk. Hasil validitas menunjukkan bahwa 19,38% soal valid, dan 31,62% tidak valid. Reliabilitas tes adalah 0,7, yang diklasifikasikan sebagai "tinggi." Kesimpulannya, meskipun tes menunjukkan indeks kesulitan dan reliabilitas yang baik, indeks diskriminasi dan validitas memerlukan perbaikan untuk penilaian kemampuan siswa yang lebih akurat.Downloads
Published
2024-09-10
How to Cite
Danti, S., Nazri, M. A. ., Fikni, Z. ., & Wati, L. . (2024). AN ANALYSIS OF TEACHERS’ SUMMATIVE ASSESSMENT: EXAMINING THE QUALITY OF TEACHER-MADE TEST. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12959–12966. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33790
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Siti Danti, M. Adib Nazri, Zahratul Fikni, Laila Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.