TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Guru Prajabatan SD, Kerangka TPACK, Model SAMR, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Virtual, Pembelajaran Campuran.Abstract
Penelitian ini menjelaskan modifikasi kelas teknologi instruksional (TI) untuk guru sekolah dasar saat kelas dialihkan secara online untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar, perubahan yang disarankan mencakup rapat online sinkron, sesi pelatihan khusus perangkat (apple, pc, atau chromebook), dan penggunaan pilihan siswa dan pembelajaran berbasis proyek. deskripsi tugas yang dimodifikasi untuk format dan instruksi online ini selama pandemi termasuk spreadsheet alat teknologi, film instruksional, menulis teks anak-anak, menu studi sosial, diskusi reflektif, dan menyelesaikan penyelidikan berbasis proyek disertakan. hasil survei TPACK menghasilkan peningkatan yang signifikan secara statistik untuk guru sekolah dasar. jam kantor virtual untuk bantuan satu lawan satu sangat membantu; namun, siswa secara bertahap beralih ke googling bagaimana menemukan jawaban mereka sendiri dalam format online yang tidak sering diamati dalam kelas tradisional. guru sekolah dasar mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan tentang kerangka TPACK dan model SAMR ke dalam dasar pemikiran untuk rencana pelajaran puncak mereka untuk kelas.References
Chomaidi Dan Salamah.(2018).Pendidikan Dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah.
Computer Science Teachers Association. (2016). K–12 Computer Science Framework. Retrieved
From http://www.k12cs.org. Dewey, J. (1938). Experience And Education. New York: Macmillan.
Depdikbud. ( 2002). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dweck, C. (2017). Mindset-Updated Edition: Changing The Way You Think To Fulfill Your Potential. Hachette Uk.
Encheff, D. (2013). Creating A Science E-Book With Fifth Grade Students. Techtrends, 57(6), 61-72.
Fehn, B., & Heckart, K. (2013). Producing A Documentary In The Third Grade: Reaching All Students Through Movie Making. So- Cial Studies And The Young Learner, 25(3), 18-22.
Gonzalez, J. (2019). The Teacher’s Guide To Tech 2019. Cult Of Pedagogy. Retrieved May 20, 2020, From Https://Teachers- Guidetotech.Com/Guide/Grasindo.
Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking In K–12 A Review Of The State Of The Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko.( 2002). Hasil Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta:Kanisius.
Hechter, R. P., & Guy, M. D. (2010). Promoting Creative Thinking And Expression Of Science
Concepts Among Elementary Teacher Candidates Through Science Content Movie Creation And Showcasing. Contemporary Issues In Technology And Teacher Edu- Cation, 10(4),411-431.
Howland, J. L., Jonassen, D. H., & Marra, R. M. (2013). Meaningful Learning With Technology
Pearson New International Edition. Pearson Higher Ed.
Iste. (2016). Iste Standards For Students 2016. International Society For Technology In Education. Iste. (2017). Iste Standards For Educators 2017. International Society For Technology In Education.
Koehler, M.J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What Is Technological Pedagogical Content
Knowledge? Journal Of Education, 193(30), 13-19.
Lidia Susanti. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Hasil. Alex Media Komputindo.
Lin, L., Widdall, C., & Ward, L. (2014). Improving Critical Thinking With Interactive Mobile Tools And Apps. Social Studies And The Young Learner, 26(4), 10-14.
Mudjiono, Dimyati.(2002). Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman.(2004).Interaksi Dan Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Solihatin, Etin. (2012).Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karina Wanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.