TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Karina Wanda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irfan Dahnial Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indah Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Keywords:

Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Guru Prajabatan SD, Kerangka TPACK, Model SAMR, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Virtual, Pembelajaran Campuran.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan modifikasi kelas teknologi instruksional (TI) untuk guru sekolah dasar saat kelas dialihkan secara online untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar, perubahan yang disarankan mencakup rapat online sinkron, sesi pelatihan khusus perangkat (apple, pc, atau chromebook), dan penggunaan pilihan siswa dan pembelajaran berbasis proyek. deskripsi tugas yang dimodifikasi untuk format dan instruksi online ini selama pandemi termasuk spreadsheet alat teknologi, film instruksional, menulis teks anak-anak, menu studi sosial, diskusi reflektif, dan menyelesaikan penyelidikan berbasis proyek disertakan. hasil survei TPACK menghasilkan peningkatan yang signifikan secara statistik untuk guru sekolah dasar. jam kantor virtual untuk bantuan satu lawan satu sangat membantu; namun, siswa secara bertahap beralih ke googling bagaimana menemukan jawaban mereka sendiri dalam format online yang tidak sering diamati dalam kelas tradisional. guru sekolah dasar mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan tentang kerangka TPACK dan model SAMR ke dalam dasar pemikiran untuk rencana pelajaran puncak mereka untuk kelas.

References

Chomaidi Dan Salamah.(2018).Pendidikan Dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah.

Computer Science Teachers Association. (2016). K–12 Computer Science Framework. Retrieved

From http://www.k12cs.org. Dewey, J. (1938). Experience And Education. New York: Macmillan.

Depdikbud. ( 2002). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dweck, C. (2017). Mindset-Updated Edition: Changing The Way You Think To Fulfill Your Potential. Hachette Uk.

Encheff, D. (2013). Creating A Science E-Book With Fifth Grade Students. Techtrends, 57(6), 61-72.

Fehn, B., & Heckart, K. (2013). Producing A Documentary In The Third Grade: Reaching All Students Through Movie Making. So- Cial Studies And The Young Learner, 25(3), 18-22.

Gonzalez, J. (2019). The Teacher’s Guide To Tech 2019. Cult Of Pedagogy. Retrieved May 20, 2020, From Https://Teachers- Guidetotech.Com/Guide/Grasindo.

Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking In K–12 A Review Of The State Of The Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko.( 2002). Hasil Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta:Kanisius.

Hechter, R. P., & Guy, M. D. (2010). Promoting Creative Thinking And Expression Of Science

Concepts Among Elementary Teacher Candidates Through Science Content Movie Creation And Showcasing. Contemporary Issues In Technology And Teacher Edu- Cation, 10(4),411-431.

Howland, J. L., Jonassen, D. H., & Marra, R. M. (2013). Meaningful Learning With Technology

Pearson New International Edition. Pearson Higher Ed.

Iste. (2016). Iste Standards For Students 2016. International Society For Technology In Education. Iste. (2017). Iste Standards For Educators 2017. International Society For Technology In Education.

Koehler, M.J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What Is Technological Pedagogical Content

Knowledge? Journal Of Education, 193(30), 13-19.

Lidia Susanti. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Hasil. Alex Media Komputindo.

Lin, L., Widdall, C., & Ward, L. (2014). Improving Critical Thinking With Interactive Mobile Tools And Apps. Social Studies And The Young Learner, 26(4), 10-14.

Mudjiono, Dimyati.(2002). Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman.(2004).Interaksi Dan Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Solihatin, Etin. (2012).Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661

Most read articles by the same author(s)