MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189Keywords:
IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas media pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di sekl. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan sebagai berikut. Untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik, maka diperlukan persiapan media pembelajaran yang baik pula. Komponen minimal dalam mengembangkan media pembelajaran (silabus dan RPP) harus memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran. Proses pembelajaran harus menggunakan berbagai cara untuk mendorong minat dan keingintahuan siswa, antara lain dengan menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton, memberikan pertanyaan yang menuntun kreativitas siswa, menggunakan multi metode dan multimedia, serta memberikan tugas secara individu maupun kelompok kepada siswa.Penilaian menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.References
Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi,” J. Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 24–44, 2013.
I. W. C. Sujana, “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia,” Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 29, 2019.
D. Lesmana, “Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values),” Kordinat, vol. 17, no. 1, pp. 212–225, 2018.
A. Musanna, “Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 1, pp. 117–133, 2017.
Supardi, “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi,” J. Form., vol. 2, no. 2, pp. 111–121, 2012.
Sindhunata, Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
R. Harahap, N. A. Lubis, and Nurmalina, “Implementasi Model Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam Pendidikan Madrasah Dasar Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Aceh Tengah,” Al-Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 1, pp. 57–71, 2018.
E. Tandililing, “Pengembangan Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam Madrasah dengan Pendekatan Etnosejarah kebudayaan islam Berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam di Madrasah,” in Prosiding Seminar Nasional Sejarah kebudayaan islam dan Pendidikan Sejarah kebudayaan islam, 2013, pp. 193–202.
R. Richardo, “Peran Ethnosejarah kebudayaan islam dalam Penerapan Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam pada Kurikulum 2013,” Literasi, vol. VII, no. 2, pp. 118–125, 2016.
U. Masamah, “Pengembangan Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam dengan Pendekatan Etnosejarah kebudayaan islam Berbasis Budaya Lokal Kudus,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 123–144, 2018.
S. Supriadi et al., “Creative Intelligence Analysis in Ethnomathematics Learning,” Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 5, no. 1, pp. 169–188, 2019.
A. Q. Fouze and M. Amit, “Development of Mathematical Thinking through Integration of Ethnomathematic Folklore Game in Math Instruction,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 617–630, 2018.
Sarwoedi, D. O. Marinka, P. Febriani, and I. N. Wirne, “Efektifitas Etnosejarah kebudayaan islam dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Sejarah kebudayaan islam Siswa,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 03, no. 02, pp. 171–176, 2018.
D. W. Ekowati, D. I. Kusumaningtyas, and N. Sulistyani, “Ethnomathematica dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam (Pembelajaran Bilangan dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura),” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 716–721, 2017.
S. Supriadi, “Didactic Design of Sundanese Ethnomathematics Learning for Primary School Students,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 18, no. 11, pp. 154–175, 2019.
Andriyani and Kuntarto, “Etnosejarah kebudayaan islam: Model Baru dalam Pembelajaran,” J. Gantang, vol. II, no. 2, pp. 133–144, 2017.
F. S. Sirate, “Implementasi Etnosejarah kebudayaan islam dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam pada Jenjang Pendidikan Madrasah Dasar,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 15, no. 1, pp. 41–54, 2012.
I. J. Lathiifah, F. Apriani, and P. C. Agustine, “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam dengan Pendekatan Sejarah kebudayaan islam Realistik Indonesia,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 15, no. 2, pp. 85–94, 2019.
A. Brandt and E. J. Chernoff, “The Importance of Ethnomathematics in the Math Class,” Ohio J. Sch. Math., vol. 71, pp. 31–36, 2015.
J. A. Dahlan and R. Permatasari, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnosejarah kebudayaan islam dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam Madrasah Menengah Pertama,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 133–150, 2018.
D. Muhtadi, Sukirwan, Warsito, and R. C. I. Prahmana, “Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns,” J. Math. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 185–198, 2017.
M. Rosa and D. C. Orey, “Ethnomathematics: The Cultural Aspects of Mathematics,” Rev. Latinoam. Etnomatemática, vol. 4, no. 2, pp. 32–54, 2011.
J. L. Harding-DeKam, “Foundations in Ethnomathematics for Prospective Elementary Teachers,” J. Math. Cult., vol. 2, no. 1, 2007.
S. Supiyati, F. Hanum, and Jailani, “Ethnomathematics in Sasaknese Architecture,” J. Math. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 47–58, 2019.
E. Fajriyah, “Peran Etnosejarah kebudayaan islam Terkait Konsep Sejarah kebudayaan islam dalam Mendukung Literasi,” in PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Sejarah kebudayaan islam, 2018, vol. 1, pp. 114–119.
L. Mauluah and Marsigit, “Ethnomathematics for Elementary Student: Exploration The Learning Resources at Kraton Yogyakarta,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 8, no. 7, pp. 776– 780, 2019.
Maryati and R. C. I. Prahmana, “Ethnomathematics: Exploring The Activities of Culture Festival,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1188, no. 012024, 2019.
W. Widada, D. Herawaty, A. F. D. Anggoro, A. Yudha, and M. K. Hayati, “Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 295, pp. 13–16, 2019.
J. W. Creswell., Research Design?: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc., 2014.
Sutama, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Temanggung: Fairuz Media, 2019.
R. Kumar, Research Methodology A Step by Step Guide for Beginners, Third. India: SAGE
Publications, Inc., 2011.
N. Walliman, Research Methods: The Basics. New York: Taylor & Francis e-Library, 2011.
Nurhaidah and M. I. Musa, “Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas
dalam Mewujudkan Tenaga Guru yang Profesional,” J. Pesona Dasar, vol. 2, no. 4, pp. 8–27, 2016.
D. D. Hastuti, Sutama, and D. Fuadi, “Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan islam SMA,” Manaj. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 139–146, 2018.
U. Wirantasa, “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah kebudayaan islam,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, pp. 83–95, 2017.
N. N. Aini, Sukestiyarno, and B. Waluya, “Analisis Komunikasi Matematis dan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Formulate Share Listen Create Materi Segiempat,” Unnes J. Res. Math. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 115–121, 2015.
S. Silverius, “Kontroversi Ujian Nasional Sepanjang Masa,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 2, pp. 194–205, 2010.
N. Hidayah, “Ujian Nasional dalam Perspektif Kebijakan Publik,” J. Pencerahan, vol. 7, no. 1, pp. 35–40, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiene Surya Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.