PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064971 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Bunga Rayana Hotmauli Sagala Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Indah Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Atti Irawati Siregar SD Negeri 064971 Medan Tembung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33168

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Model Pembelajaran Problem Based Learning,

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Model Pembeljaran Probem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 064971 Medan Tembung Tahun Pembelajaran 2024/2025, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran IPA pada materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya pada siswa kelas IV. Hasil belajar dan keaktifan belajar siswa perlu ditingkatkan karena  metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional, berpusat pada guru, dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Akibatnya, siswa menjadi pasif, kurang termotivasi untuk mengeksplorasi materi secara mandiri, dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar IPA. Selain itu, keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran yang menarik dan relevan juga berkontribusi pada rendahnya hasil belajar siswa Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada Pra Siklus, siswa kurang baik dalam menjawab soal pretest. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dimana dari 17 siswa hanya 6 siswa yang lulus KKM sedangkan siswa lainnya tidak mencapai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 69,00. Berdasarkan hasil tersebut, dibutuhkan perbaikan pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembeljaaran Problem Based Learning (PBL). Hasil pada Siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 6,47 (7,83%) dengan nilai rata-rata siswa 75,47 dan  ketuntasan 70%. Pada Siklus II, terjadi peningkatan sebesar 4,82 (4,65 %) dengan nilai rata-rata menjadi 80,29 dan ketuntasan mencapai 100%. Oleh karena itu  berdasarkan data yang diperoleh selama penelitian menunjukan ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat pada mata pelajaran IPA materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SD Negeri 064971 Medan Tembung, melalui Penelitian Tindakan Kelas ini juga membuktikan secara valid dan teruji bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dengan media bentu pembelajaran yang dimodifikasi membuat pembelajaran lebih efektif dan disenangi anak.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014) PENELITIAN TINDAKAN KELAS.PT Bumi Aksara.p.16.

Bekti Ariyani1., Firosalia Kristin. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia. Volume 5 Nomor 2.353-361

Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien., Latri Aras., & Sri Indah Lestari. (2023).

Deby Rakhmawati. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. SD Negeri Utan Jaya. (5).550-554.

Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. SDN 3 Kembang Sari. (3). 22567-2262.

Husnul Hotimah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI. Jember. VII (3).5-11.

Lukman Nul Hakim. (2022). Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series 5. SDII AL Abidin Surakarta. (5).1311-1316.

Maaruf Fauzan., Abdul Gani., Muhammad Syukri. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 05, No.01.27-35.

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar, Indonesia.Vol. 3 No. 1 Juni.16-22.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Kota Tasikmalaya, Indonesia. Vol.3, No.1.32-36.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Sagala, B. R. H. ., Pratiwi, I. ., & Siregar, A. I. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064971 MEDAN TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11952–11959. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33168