PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA PUZZLE MAKER BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Wiene Surya Putra STAI Syekh H.Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah
  • Karina Wanda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20656

Keywords:

Pembelajaran, Artificial Intellegence, Media, Puzzle Maker.

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penerapan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence melalui media puzzle maker pada siswa Madrasah Ibtidaiyah serta bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran ini terhadap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan metode studi literasi dan observasi (pengamatan). Untuk itu, pengumpulan data dilakukan melalui studi literasi dengan melakukan pengkajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki judul hampir sama dengan penelitian ini. Pengumpulan data juga dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap beberapa pembelajaran yang telah menggunakan artificial intelligence di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang berbasis artificial intelligence termasuk salah satu inovasi dalam bidang pendidikan. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa penerapan pembelajaran berbasis artificial intelligence ini membawa dampak positif dalam perkembangan kognitif siswa seperti halnya membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran serta membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.

References

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Amalia, S., & Agustina, R. (2022). Students’ Perceptions about the Use of Interactive Video and its Effect on Students’ Learning Motivation at Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(2), 106–116. https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14282

Anisati, A. S., & Setyawan, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Bernyayi Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah. Elementar?: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 205–210. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.26743

Annur, A. F., & Sari, R. (2022). Implementation of Environmental Education in Improving The Environmental Ethics of Madrasah Ibtidaiyah Students To Support SDGs 2030. Al-Adzka:Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI, 12(2), 99–108. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.7490

Febriady, D., Pebriana, P. H., Alim, M. L., & Ananda, R. (2022). The Impact of Free Fire Online Games on Students’ Social Behavior at Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(2), 140–150. https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14165

Hanifah, N. H., Walid, M., Putri, C. A., Sinta, L. N., & Ningrum, D. E. A. F. (2022). Development of Android-based “Pete” Educational Game to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Social Science Learning. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 430. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11467

Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Digital pada Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez?: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2),123–138. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/283

Khairi, M. (2022). Penilaian portofolio pada pembelajaran IPA di MI. 7, 126–135. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.4708

Maharani, S. D., Husin, A., & Pulungan, M. (2022). The Effect of Out Class Learning Design on Students’ Creative Thinking Ability in Social Studies Learning for Grade IV Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 392. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11704

Marini, M. (2022). Al-Adzka?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI Problems in Mathematics Learning Multiple Materials Viewed From Low-Grade Students ’ Learning Interest Aspect. 12(2), 67–75. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.6948

Masnun, M., Putri, A. S., Jaelani, A., & Ummah, I. (2022). Teacher’s Strategy in Improving Reading Comprehension Skills of Arabic Texts at Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 371. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11456

Moch. Sutria Dhinesa. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatif. 15(1), 36–50.

Prayogo, M. S., & Lestari, M. F. (2022). Efektivitas penggunaan media audio visual di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso konsep tentang daur air . Singkatnya , siklus air merupakan rangkaian atau dari penelitian ini adalah mampu memberikan sumbangan pemikiran tentang air MI / SD , serta mampu memberikansumbanganpemikiranbagi pembelajaran.7,156–163.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA PUZZLE MAKER BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 986–992. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20656