PERBEDAAN SIKAP KEPEMIMPINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN JENIS KELAMIN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1389Keywords:
Sikap Kepemimpinan, Jenis Kelamin.Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan sikap kepemimpinan anak yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap kepemimpinan anak yang berjenis kelamin laki-laki dan anak yang berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kausal komparatif yang bersifat expost facto dengan jumlah populasi 102 orang anak dan sampel berjumlah 60 orang anak menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi dalam bentuk google form. Teknik analis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program spss 23. Hasil analisis data diperoleh nilai 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sikap kepemimpinan anak yang berjenis kelamin laki-laki dan anak yang berjenis kelamin perempuan.References
Afifah. Y Jubaedah. M P Ningsih. 2016. Peran Orangtua dalam Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Pembiasaan Di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung. Jurnal FamilyEdu. II(2).
Bratama, Pengertian-pengertian Dasar dalam pendidikan Luar biasa, (Jakarta:Depdikbud, 1987), hlm.76
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PN Balai Pustaka), h. 684
Masduki. 2016. Kepemimpinan Pendidikan (meneguhkan Legitimasi dalam Berkomunikasi di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Kartini Kartono, “Psikologi Wanita (jilid 1); Mengenal Gadis remaja dan wanita dewasaâ€, (Bandung: CV Mandar Maju, 1989), hlm.193-196
Moh. Khuza’i, Problem Definisi Gender:Kajian atas KonsepNature dan Nurture, dalam (Kalimah : Jurnal Studi Agama dan Pemikiran islam)
Potur, Ayla Ayyildiz dan Omur Barkul, 2009, Gender and Creative Thinking in Education: A Theoretical and Experimental Overview†Jurnal International
Pusat Bahasa Kemendiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,hlm.626
P Budi Santoso. 2019. Efektifitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Prosiding Seminar Nasional.
Ria Novianti. 2018. Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild. 7(1):26-33
Rivai, 2003, Kepemimpinan Pendidikan, (Jakarta: Cahaya Ilmu), h. 3
R Novianti, M Gazia. 2020. Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
R Novianti. I Maria. 2020. Pendidikan Keorangtuan. Yogyakarta: Ellunar Publisher.
R Juwita. A Munajat. Elnawati. 2019. Mengembangkan Sikap Tanggung jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Jurnal Utile. 5(2).
Siagian, Sondang P, 2010. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugioyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan P&D. Alfabeta. Bandung
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Rineka Cipta. Jakarta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suyadi, Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tim Elmore.2010. Bagaimana Mengasah dan Mengkuhkan Jiwa Kepemimpinan dalam Diri Anak-anak Anda. Jogjakarta: Garailmu
Veithzal Rivai, dkk. 2013. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers,Wirawan, 2013. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers,
Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori, dan Karakternya. Jurnal Media
Komunikasi(Daring)