KAJIAN LITERATUR TENTANG KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR DI MASA PANDEMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1662Keywords:
Kajian Literatur, Kebijakan, Pendidikan Dasar, Pandemi, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang kebijakan pendidikan dasar di masa pandemi dan dampaknya terhadap pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 1 tahun terakhir (2019-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel didapatkan 3 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penerapan kebijakan pendidikan dasar di masa pandemi menimbulkan banyak kebijakan-kebijakan baru dan dampaknya sangat komplek dan berbeda di setiap daerah. Perlu peninjauan ulang tentang kebijakan yang diterapkan.References
Aji, R., H., S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Alfiah, L., N., Rokhim, D., A., & Wulandari, I., A., I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–223.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Argaheni, N., B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Dewi, W., A., F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hidayah, N. (2020). Dampak Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SDN 3 Sriminosari. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 189–206. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.180
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
Rokhani, C., T., S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/500
Sabiq, A., F., & Sa’dullah, M. (2020). Dukungan Pemerintah Desa Terhadap Problem Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 107–113. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.
Safitri, N., G., Zulfa, A., Cristanti, A., Wulandari, P., R., & Islami, E., N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Penerapan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–7.
Saleh, A., M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–28.
Santosa, A., B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1(1), 1–5.
Sari, R., P., Tusyantari, N., B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Tjahjono, H., K. (2018). Studi Literatur Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Pada Konsekuensinya Dengan Teknik Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 35(1), 21–40.
Wiryanto. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 1–8.