KAJIAN LITERATUR TENTANG HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1218Keywords:
Kajian Literatur, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Langsung.Abstract
menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 5 tahun terakhir (2015-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel didapatkan 4 artikel yang sesuai dengan topik judul. Dari ke 4 artikel tersebut, artikel yang membahas tentang hasil belajar kognitif dengan menerapkan 6 tingkatan terdapat 1 artikel. Artikel yang menerapkan C1 saja terdapat 1 artikel (artikel nomor 2). Artikel yang menerapkan C6 saja terdapat 1 artikel (artikel nomor 3), dan artikel yang menerapkan C4 dan C6 terdapat 1 artikel (artikel nomor 4). Artikel yang menerapkan langkah-langkah model pembelajaran langsung hanya 2 artikel, yaitu artikel nomor 1 dan 2. Artikel nomor 3 dan 4 tidak menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar.References
Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. 1(2), 110–126.
Anggraini, W. N., Purwanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. 2(1), 55–62.
Fatikasari, R., Matius, B., & Junus, M. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(1), 65–72.
Hamka, L., & Arsyad, M. N. (2007). KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 1 DONRI – DONRI.
Kharisma, A., I. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GATOTKACA TERBANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal JRPP, 3(1), 16–23.
Kurniasih, T. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS I SDN 006 TRI MULYA JAYA. Jurnal Primary PGSD, 5(3), 275–287.
Kurniawan, D., A. (2020). PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal JRPP, 3(1), 10–15.
Lestari, N., C., & Riyadi, A. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X-2 SMAN 1 MUARA PADAMATERI IPA KONSEP EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT. Jurnal Cendekia, 9(2), 171–176.
Marlina, & Marwan, H. (2015). PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PEUDADA PADA MATERI KEBUTUHAN MANUSIA. JSEE, III(1), 1–10.
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI. JPBIO Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 15–19.
Pratama, A., T. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Biolokus, 1(2), 71–76.
Purwanti, R., & Supriyono. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. JPGSD, 6(5), 839–848.
Sidik, M., I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49–60.
Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.