Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12606Abstract
Penelitian ini dilakukan bertolak dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar IPA dengan jumlah siswa yang tidak tuntas 11 siswa (61.11%). Sedangkan siswa yang tuntas hanya berjumlah 7 siswa (38,88%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif dan Genetatif di kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu setelah diterapkan pendekatan pembelajaran CTL. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri dari 9 orang laki-laki, dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 65.83% dengan kategori cukup, meningkat menjadi 85.83% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 61,34% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 78,00% dengan kategori baik. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa adalah: pra siklus hanya 7 (38,88%) yang tuntas, siklus I meningkat menjadi 13 (72,22%), dan Siklus II meningkat menjadi 17 (94,44%) yang tuntas. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan, siswa kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu. Kecamatan KamparDownloads
Published
2022-02-28
How to Cite
Nurhayati, . F. ., Daulay, M. I. ., & Nurmalina, N. (2022). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 699–705. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12606
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Febri Nurhayati, Musnar Indra Daulay, Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).