PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCANNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1248Keywords:
Keterampilan membaca pemahaman menggunakan model scanningAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran tematik di kelas V Mi Al-Falah Teratak. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model scanning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model scanning pada siswa kelas V MI Al-Falah Teratak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 10 orang, dengan jumlah laki-laki 4 orang, dan siswa perempuan berjumlah 6 orang siswa. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelas V MI Al-Falah Teratak. Pada siklus I hasil keterampilan membaca pemahaman siswa tergolong kurang dengan persentase 50%. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 90% dengan katagori sangat baik. Dari 10 orang siswa hanya 9 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Al-Falah Teratak Tahun ajaran 2020/2021.References
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 TentangStandar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Djuanda, D. Dkk. 2006. Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung. UPI Press.
Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebangai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahim, 2007. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, 2009. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusdial marta. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 46. Nomor 1.
Wida rianti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Tata Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD. Volume 2 Nomor 2. Halaman 36 – 42