Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Kerangka Manusia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Card Sort
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13064Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA diperoleh Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Bangun Purba dengan penerapan metode pembelajaran card sort. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing - masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 010 Bangun Purba tahun 2021-2022 yang berjumlah 42 siswa. Data dalam penelitian dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa(LKS), tes akhir siklus dan wawacara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori cukup baik (66.7%) dan pada siklus II dengan kategori baik (90.5%). Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 010 Bangun Purba.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Supeno, S., Witarsa, R. ., & Daulay, M. I. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Kerangka Manusia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Card Sort. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6048–6056. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13064
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Supeno, Ramdhan Witarsa, Musnar Indra Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).