Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri 006 Langgini. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah hasil belajar siswa yang diperoleh melalui Ulangan Harian pada akhir siklus, aktivitas guru yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa. Pembelajaran IPS di SD Negeri 006 Langgini masih tergolong rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang hanya mencapai 61,45 ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan selama ini menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teaching center), metode pembelajaran yang monoton dimana siswa hanya menerima materi pembelajaran dan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta terkadang siswa tidak memiliki keberanian mengemukakan ide-idenya karena merasa kurang yakin terhadap apa yang akan dikemukakan sehingga siswa cenderung pasif atau tidak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan materi di depan kelas. Siswa tidak bersemangat mengerjakan latihan yang diberikan guru dan hanya menunggu dari teman-teman. Untuk mengatasinya hal yang harus dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.. Analisis hasil belajar siswa pada skor dasar rata-ratanya 61,45 dan ketuntasan belajar klasikal 29,17% ,siklus I rata-ratanya 67,30 dan ketuntasan belajar klasikal 66,67%, siklus II rata-ratanya 73,75 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 006 Langgini.Downloads
Published
2022-02-28
How to Cite
Fatmawati, . F., Daulay , M. I. ., & Witarsa, R. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 747–754. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12646
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ramdhan Fatmawati, Musnar Indra Daulay, Ramdhan Witarsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).