Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021

Authors

  • Riska Agustin Univeristas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iska Noviardila Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385

Keywords:

Peranan Media Interaktif Animasi, Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 019 Tanjung Sawit pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan dokumentasi berupa lembar observasi dan angket sebagai instrument pengumpulan data. Data yang diambil oleh peneliti adalah data dilihat dari lembar observasi terhadap peranan media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa dari hasil pengisian angket tentang minat belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian dianalisis dengan cara menghitung jumlah skor dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi dengan lima indikator peranan media interaktif animasi didapat hasilnya bahwa ada peranan media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa. Sedangkan hasil angket yang terdiri dari empat indikator minat belajar didapat persentase keseluruhan sebesar 80% yang artinya peran media interaktif animasi efektif mempengaruhi dan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta,

Ed. Rev., cet. ke-14 . (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dani Jatmiko. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sebomenggalan Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi

Dina Utami. Animasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol. 7 No. 1

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.(2006). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Farida, Hanik. (2014). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDIT Mta Matesih Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Margono, S. (2010).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Miftahurohmah Hikmasari. (2016). Peran Media Audi Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari Cangkringan. Yogyakarta: Skripsi

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.(2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Riduwan.(2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabet

Siti Rochimah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Malang: Skripsi

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, Nunuk dkk.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>