Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Defitri Yulianti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12604

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas  V SDN 009 Ujungbatu. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, dan media yang digunakan hanyalah sebatas papan tulis, sehingga suasana belajar kurang menyenangkan, dan siswa akan merasa bosan disaat proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Picture and Picture. Picture and Picture merupakan model pembelajaran yang mengutamakan pengelompokan penggunaan media gambar yang dipasangkan dengan urutan logis. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajra IPA materi bumi dan alam semesta dengan menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas V SDN 009 Ujungbatu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi bumi dan alam semesta pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 60,33 dan persentase ketuntasan klasikal 46,67%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II sudah tergolong baik dan telah menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu denagn rata-rata 77,66 dengan persentase ketuntasan klasikal86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bumi dan alam semesta kelas V SDN 009 Ujungbatu.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Yulianti, D. ., Nurmalina, N., & Masrul, M. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 683–691. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12604

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>