Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Febri Nurhayati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12606

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertolak dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar IPA dengan jumlah siswa yang tidak tuntas 11 siswa (61.11%). Sedangkan siswa yang tuntas hanya berjumlah 7 siswa (38,88%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif dan Genetatif di kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu setelah diterapkan pendekatan pembelajaran CTL. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri dari 9 orang laki-laki, dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 65.83% dengan kategori cukup, meningkat menjadi 85.83% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 61,34% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 78,00% dengan kategori baik. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa adalah: pra siklus hanya 7 (38,88%) yang tuntas, siklus I meningkat menjadi 13 (72,22%), dan Siklus II meningkat menjadi 17 (94,44%) yang tuntas. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan, siswa kelas VI SD Negeri 003 Ujungbatu. Kecamatan Kampar

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Nurhayati, . F. ., Daulay, M. I. ., & Nurmalina, N. (2022). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 699–705. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12606

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2