Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13062Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri 006 Ujungbatu. dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share, Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 006 Ujungbatu dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 006 Ujungbatu tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam proses pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di siklus I masih banyak yang harus diperbaiki pada siklus II, sedangkan pada siklus II guru telah melaksanakan proses pembelajaran dengan sangat baik, tahap demi tahap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat terlaksana dengan sangat baik. Meningkatnya aktivitas guru pada siklus II disebabkan guru telah menindaklanjuti kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus sebelumnya dan memperbaikinya dengan pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas meningkat, yaitu dari 17 orang (75%) pada siklus I menjadi 19 orang (95%) pada siklus II. Dengan demikian keberhasilan siswa pada siklus II telah mencapai 95%. Jadi, pembelajaran Sumber daya alami dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 006 Ujungbatu.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Dewita, . M. P. ., Witarsa, R. ., & Nurmalina, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6040–6047. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13062
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Memi Putri Dewita, Ramdhan Witarsa, Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).