Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya

Authors

  • Rahmat Rahmat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12997

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi keragaman suku bangsa dan budaya dengan penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD Pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Pahlawan yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki, dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan sebelum tindakan hanya mencapai 41,66%, siklus I meningkat menjadi 70,00%, dan siklus II meningkat menjadi 91,00%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keragaman suku bangsa dan budaya siswa kelas IV SD Pahlawan.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Rahmat, R., Daulay, M. I. ., & Nurmalina, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6014–6023. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12997

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>