Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Dengan Penggunaan Media Geoboard
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13070Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matematika tingkat datar penerapan media geoboard pada siswa kelas 2 SD Negeri Pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri Pahlawan. Waktu penelitian dilaksanakan sekitar bulan mei april 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa adalah: sebelum tindakan hanya 12 (46,15%) yang tuntas, siklus I meningkat menjadi 16 siswa atau (61,54%) yang tuntas, dan siklus II meningkat. menjadi 23 siswa atau (88,46%) yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media geoboard dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi matematika tingkat datar siswa kelas 2 SD Negeri Pahlawan.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Nurasiah, . N., Wahyuni, M. ., & Nurmalina, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Dengan Penggunaan Media Geoboard. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6066–6074. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13070
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tuhu Setyono, Molli Wahyuni, Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).