Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pola Manajemen POACE untuk Penanganan Menyontek di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11773Abstract
Menyontek bukanlah budaya yang baik dan seharusnya ada untuk terjadi di sekolah, secara khusus sekolah Kristen yang mengajarkan pembelajaran pendidikan agama Kristen kepada siswa. Selain karena perilaku menyontek tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama Kristen, perilaku menyontek juga tidak sesuai dengan tujuan pendidikan secara nasional. Akan tetapi perilaku menyontek tidak terhindarkan terjadi di sekolah, siswa melakukannya sebagai pilihan yang dianggap menguntungkan bagi mereka. Maka dari itu sekolah harus melakukan tindakan yang bijak untuk menangani permasalahan ini. Secara khusus pendidikan agama Kristen melakukan perannya dalam pola manajemen POACE (planning, organizing, actuating, controling, evaluating) untuk menangani perilaku menyontek di sekolah Kristen yang sudah menjadi budaya. Pola manajemen POACE ini tidak dapat hanya dikerjakan oleh satu pihak, melainkan harus dikerjakan oleh semua pihak, yaitu Bimbingan Konseling Sekolah, Guru Pendidikan Agama Kristen, Guru bidang studi, Wali kelas dan orangtua siiswa. Sehingga penangan masalah menyontek disekolah dapat efisien dilakukan. Pola manajemen POACE ini efektif untuk diterapkan di sekolah, karena pola ini lengkap, terperinci dan mudah untuk diterapkan.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Siahaan, E. M. ., Nadeak, B. ., & Naibaho, L. . (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pola Manajemen POACE untuk Penanganan Menyontek di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4922–4926. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11773
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Emma Monica Siahaan, Bernadetha Nadeak, Lamhot Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).