Pengaruh Strategi PAK dan Model “Role Playing” Berbasis Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11002Abstract
Dalam upaya pembentukan karakter anak, berbagai model pembelajaran dan strategi Pendidikan Agama Kristen dapat digunakan sebagai pendukung upaya tersebut, salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran role playing dan strategi Pendidikan Agama Kristen Berbasis keluarga. Akan tetapi sulitnya perkembangan atau pola pembentukan karakter anak disebabkan oleh gagalnya dalam memilih atau menggunakan model pembelajaran kepada anak dan strategi yang kurang tepat digunakan oleh para pendidik, baik itu guru, orang tua, maupun hamba Tuhan. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dan pengaruh strategi Pendidikan Agama Kristen dan model pembelajaran Role Playing berbasis keluarga terhadap pembentukan karakter anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah strategi Pendidikan Agama Kristen dan penggunaan model belajar role playing berbasis keluarga sebagai salah satu model pembelajaran yang mulai banyak digunakan pada Pendidikan masa kini memiliki peranan dan pengaruh penting bagi pembentukan karakter anak. Dalam strategi Pendidikan Agama Kristen, pendidik perlu memahami strategi pembelajaran yang penting dan berperan dalam proses pembelajaran PAK kepada pembentukan karakter anak didik. Dalam parenting, Anak harus dididik untuk menerapkan semua nilai-nilai sebagaimana diajarkan firman Tuhan, dan dijauhkan dari segala hal yang dilarang firman Tuhan. Oleh sebab itu, orangtua dalam keluarga memegang peranan yang sangat penting untuk mendidik anak.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Simatupang, J., Rantung, D. A. ., & Naibaho, L. . (2023). Pengaruh Strategi PAK dan Model “Role Playing” Berbasis Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1934–1944. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11002
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jhon Simatupang, Djoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).