Pendidikan Perdamaian dalam Persfektif Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Meminimalisasi Konflik dan Kekerasan Antar Mahasiswa di Univeristas HKBP Nommensen Medan

Authors

  • Imelda Butarbutar Universitas Kristen Indonesia
  • Dyoys Rantung Universitas Kristen Indonesia
  • Lamhot Naibaho Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9416

Abstract

Pendidikan Agama Kristen memiliki kontribusi besar dalam upaya menciptakan perdamaian. Melalui pendidikan yang dimulai dari tengah-tengah keluarga, gerja dan juga sekolah, pendidikan perdamaian senantiasa disuarakan. Hal itu membuktikan bahwa perdamaian itu harus senantiasa diupayakan, dari usia masih dini hingga dewasa, salah satunya dalam kehidupan berkampus. Untuk menjawab permasalahan yang dimuat penulis dalam artikel, maka peneliti melakukan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka. Dari penelitian kajian pustaka yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa pendidikan perdamaian dapat diterapkan melalui pendidikan agama Kristen dengan mengembangkan beberapa konsep pendidikan perdamaian kepada kurikulum yang telah dilaksanakan di perguruan tinggi selama ini.  Melalui pendidikan perdamaian ini diharapkan akan membentuk generasi muda yang senantiasa mencintai perdamaian dan menjadikan perdamaian melekat atau menjadi kebiasaan dalam dirinya. Dengan demikian mahasiswa sebagai generasi muda akan senanitiasa menjadi agen perdamaian sebagaimana yang Tuhan Yesus tunjukkan melalui karakterNya dan ajarannya kepada semua orang yang percaya kepadaNya.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Butarbutar, I. ., Rantung, D. ., & Naibaho, L. . (2022). Pendidikan Perdamaian dalam Persfektif Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Meminimalisasi Konflik dan Kekerasan Antar Mahasiswa di Univeristas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6962–6972. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9416

Most read articles by the same author(s)