Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Serta Implikasinya dalam Pendidikan Agama Kristen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9417Abstract
Berhasilnya sebuah organisasi sekolah dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki serta didukung oleh beberapa faktor lainnya seperti warga organisasi sekolah dan juga pemimpin sekolah. Budaya organisasi sekolah menolong mengarahkan sumber daya manusia untuk mencapai visi, misi yang didukung oleh kekompakan dalam team dalam berbagai departemen, divisi atau unit dalam sebuah organisasi sekolah. Budaya organisasi sekolah juga merupakan pengikat elemen-elemen dalam organisasi secara bersama-sama, sehingga menurut penulis budaya organisasi sekolah ini perlu dikembangkan karena akan memberikan pengaruh besar bagi mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali beberapa teori dan konsep tentang budaya organisasi sekolah termasuk juga fungsinya serta upaya yang harus dilakukan dalam pengembangan budaya organisasi sekolah. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, penulis memaparkan teori dan konsep budaya organisasi sekolah serta memaparkan bagaimana implikasinya dalam pendidikan agama Kristen. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dalam upaya pengembangan budaya organisasi sekolah didukung oleh peranan pendidikan agama Kristen dalam membentuk sikap baik warga sekolah yang terlibat serta sikap pemimpin yang mengarahkan pelaksanaan budaya organisasi sekolah, sehingga tercapai peningkatan mutu sebagaimana yang diharapkan melalui visi dan misi masing-masing sekolah.Downloads
Published
2022-11-28
How to Cite
Butarbutar , I. ., Nadeak, B. ., & Naibaho, L. . (2022). Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Serta Implikasinya dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6973–6982. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9417
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Imelda Butarbutar , Bernadetha Nadeak, Lamhot Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).