PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Dila Dila Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mukhlis Mukhlis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42249

Keywords:

Literasi Digital, Kualitas Belajar.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Makassar. Di era digital ini, kemampuan literasi digital menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Program pendampingan dilaksanakan melalui serangkaian workshop dan pelatihan yang berfokus pada penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam empat aspek utama: kemampuan mengakses dan mengevaluasi informasi digital (33.5%), keterampilan penggunaan tools pembelajaran digital (36%), kemampuan menciptakan konten digital edukatif (82% konten memenuhi standar), serta pemahaman etika digital (91%). Program ini menghadapi tantangan berupa kesenjangan akses teknologi (15% mahasiswa) dan variasi kesiapan digital, yang diatasi melalui penyediaan akses laboratorium dan pendampingan intensif. Keberlanjutan program dijamin melalui pembentukan komunitas praktik digital, pengembangan repository pembelajaran, dan sistem mentoring sebaya. Data menunjukkan 85% mahasiswa berkomitmen melanjutkan pengembangan kompetensi digital secara mandiri.

References

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5168

Fajri, F., Mardianto, & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi digital: Peluang dan tantangan dalam membangun karakter peserta didik [Digital literacy: Opportunities and challenges in building student character]. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 34–46. https://doi.org/10.24042

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Developing digital literacy skills in higher education. Journal of Education and Learning, 14(1), 15-27.

Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya peran literasi digital bagi mahasiswa di era revolusi industri 4.0 untuk kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2).

Nuri, M., Azzahra, A., & Rachman, I. F. (2024). Membangun Masa Depan yang Terhubung: Pendidikan dan Literasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5). Retrieved from https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1563

Ouahidi, L. Meriem. "Constraints on Developing Digital Literacy Skills in Higher Education." International Journal of Linguistics, Literature and Translation, vol. 3, no. 2, Feb. 2020, pp. 197-205.

Permana, A., Hasugian, M., Fitriani, Y., Missriani, M., & Utami, P. I. (2023). Peran penting literasi digital bagi mahasiswa era Revolusi Industri 4.0 dalam kemajuan Indonesia. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2.

Prabowo, S., Nisaa’k, Z. K., & Fathoni, T. (2025). Strategi Menghadapi Peserta Didik Remaja Melalui Pendekatan Empatik Dalam Bimbingan dan Konseling. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 458–467.

Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.

Rohaini, A., & Fathoni, T. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lingkungan Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 450–457.

Rahman, S., Ahmad, J., & Hashim, H. (2021). Digital literacy among university students: A systematic review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(2), 95-107.

Rahmawati, Laili & Prayitno, Harun & Wahyudi, Agus & Restiyanti Pratiwi, Dini & Nugraha, Dipa & Beauty, Melati & Purnomo, Eko & Madani, Tiara & Rahmatika, Laily & Anggraini, Desy & Arnumasari, Riyani & Arrajiv, Dhimas & Lestari, Winda. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Warta LPM. 487-503. 10.23917/warta.v25i4.617.

Restianty, A. (n.d.). Literasi digital, sebuah tantangan baru dalam literasi media. GUNAHUMAS: Jurnal Kehumasan

Rui, Yang & Attan, Sri. (2024). Factors influencing digital literacy among university students in Beijing, China. International Journal of ADVANCED AND APPLIED SCIENCES. 11. 239-250. 10.21833/ijaas.2024.08.025.

Sari, E. R., & Pujiastuti, H. (2020). Penguatan literasi digital mahasiswa melalui pendampingan intensif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 51-62.

Simanjuntak, E., Mulya, H. C., Engry, A., & Alfian, I. N. (2025). Dataset of digital literacy of university students in Indonesia. Data in Brief, 58, 111227. https://doi.org/10.1016/j.dib.2024.111227

Syabaruddin, Agus & Imamudin, Imamudin. (2022). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DI KALANGAN MAHASISWA. JURNAL EDUSCIENCE. 9. 942-950. 10.36987/jes.v9i3.3447

Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Literasi digital sebuah tantangan baru dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 227-239.

Yulianti, Y., Sarifah, S., Rahmawati, N., Zaini, M., Muhammad Zaini, Risna, R., Kusmita, R., & Ulandari, S. (2024). KOLABORASI GURU DAN MAHASISWA DALAM PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 1674–1682. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/658

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun literasi digital di perguruan tinggi: Tantangan dan peluang. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 130-142

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Dila, D., Mukhlis, M., & Latief, S. A. (2025). PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1187–1192. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42249

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.