PENINGKATAN BRAND AWARENESS SMKN 2 MELALUI METODE VIDEO ADVERTISING SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43742Keywords:
Brand Awareness, Digital Marketing, Multimedia Digital, Video AdvertisingAbstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran dalam proses pemasaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak SMKN 2, kondisi sekolah saat ini masih kesulitan mempromosikan produk kewirausahaan hasil karya siswa. Hal ini menyebabkan produk yang ditawarkan tidak dikenal oleh pelanggan, persaingan yang tidak seimbang, pertumbuhan bisnis yang terhambat, dan kurangnya kepercayaan dari masayrakat. Video advertising dapat menjadi solusi efektif dalam pemasaran karena mampu menyampaikan pesan secara visual, emosional, serta menarik perhatian lebih cepat dibandingkan teks atau gambar. Dengan kombinasi elemen audio, visual, dan storytelling, video dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun kepercayaan, serta mendorong keputusan pembelian yang lebih cepat. Pengabdian kepada masyarakat ini telah menghasilkan 6 video advertising yaitu Pengenalan SMKN 2, Video Produk Jurusan Tata Busana, Video Produk Jurusan Tata Boga, Video Produk Jurusan Teknik Audio Video, Video Produk Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Video Produk Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Hasil kegiatan ini telah berhasil untuk mencapai kepuasan dari responden yang terdiri dari staff, guru, kaprodi, dan siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengujian dimana secara keseluruhan video ini mendapatkan respon positif dan mendapat tingkat kepuasan ‘puas’ hingga ‘sangat puas’. Hal ini mengindikasikan bahwa metode pemasaran ini telah layak untuk disebarluaskan sebagai upaya sekolah untuk membangun brand awareness kepada masyarakat sehingga diharapkan masyakat dapat lebih percaya terhadap hasil produk sekolah dan meningkatkan peminat calon siswa di tahun berikutnya.References
D. Rapitasari, “Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,” Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107–122, 2016.
E. Maidasari, V. Tiara Narundana Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, U. J. Bandar Lampung ZA Pagar Alam No, L. Ratu, B. Lampung Indonesia, and R. Lolyana, “Pengaruh Promosi… (Evi Maidasari-Vonny-Rina) PENGARUH PROMOSI VIDEO MARKETING DAN KESADARAN MEREK DALAM MEMPENGARUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YAMAHA,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 128–137, 2021, [Online].
F. E. Putri et al., “Penggunaan Aplikasi Editing untuk Fasilitas Marketing,” J. Community Serv. Engagem., vol. 3, no. 1, pp. 86–93, 2023, [Online]. Available: http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/169/87
N. Arfan and H. Ali Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah,” 2022.
Marcheta, N, I. M. M. Matin, R. C. Nazruli, I. Sonjaya and M. Rosalina, "Development of 2D Animation for Diar-rhea Disease Based on Computer Generated Imagery (CGI)," 2023 8th International Conference on Infor-mation Technology and Digital Applications (ICITDA), Yogyakarta, Indonesia, 2023, pp. 1-6, doi: 10.1109/ICITDA60835.2023.10427303
Marcheta, N. (2021). Pengantar Multimedia Digital. https://press.pnj.ac.id/book/Noorlela-M-Pengantar-Multimedia-Digital
Marcheta, N. (2020). Advanced Multimedia Digital. Depok. https://scholar.google.com/scholar?cluster=12335453011397958287&hl=en&oi=scholarr
S. Sari, S. Syamsuddin, and S. Syahrul, “Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar,” J. Bus. Adm., vol. 1, no. 1, p. 37, 2021, doi: 10.31963/jba.v1i1.2678.
Wati, A. P., Martha, J. A. M., & Indrawati, A. (2020).Digital Marketing. Edulitera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noorlela Marcheta, Hata Maulana, Iwan Sonjaya, Malisa Huzaifa, Sinantya Feranti Anindya, Mira Rosalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.