SOSIALISASI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMP

Authors

  • Fenta Pangestika Hayuningtyas Universitas Negeri Yogyakarta
  • Salsabila Shofia Rahma Universitas Negeri Yogyakarta
  • Silmi Nur Azizah Tara Universitas Negeri Yogyakarta
  • Leny Dwi Astuti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42697

Keywords:

Penulisan, Artikel Ilmiah, Guru, SMP Islam Darussalam

Abstract

Menulis artikel sangat penting bagi guru SMP karena membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan reflektif. Dengan menulis, guru dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, dan metode pembelajaran yang efektif, yang tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan pribadi, tetapi juga memperkaya komunitas pendidikan. Menulis artikel juga memungkinkan guru untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, serta berkontribusi pada inovasi dalam pembelajaran, dan meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme guru. Oleh karena itu, penting dilakukan sebuah kegiatan sosialisasi penulisan artikel imiah bagi guru. PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi tentang bagaimana menulis artikel ilmiah yang baik, menggunakan metode ceramah via zoom meeting. Kegiatan ini bermitra dengan SMP Islam Darussalam yang mempunyai reputasi dan kualitas yang baik karena merupakan sekolah penggerak yang berprestasi. Dengan adanya kualitas sekolah yang baik tersebut, lebih idealnya jika guru di sekolah tersebut diberi pengetahuan terkait penulisan artikel ilmiah agar dapat meningkatkan kualitas SDM dan sekolah. Hasil pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan penulisan secara daring yang dilanjutkan dengan sosialisasi terbimbing yang berhasil dalam memberikan penyegaran pengetahuan dan motivasi mengenai penulisan artikel ilmiah bagi para guru SMP.

References

Camellia, C., Alfiandra, A., & Sulkipani, S. (2021). Pembinaan dan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–53. Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/jpkm/article/view/1394

Day, R. A. (1998). How to Write and Publish a Scientific Paper. Cambridge University Press.

Gunawan, G., Hadisaputra, S., Sedijani, P., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Suhubdy, S., & Yustiqvar, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah bagi guru ipa di nusa tenggara barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i4.3101

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Longman.

Hayes, J. R., & Flower, L. S. (1980). Identifying the Organization of Writing Processes. In L.

Kamarudin, K., & Pahar, E. . (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 71-78. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13807

Maizuar, M., Arnawan, H., Putri, R., Ezwarsyah, E., & Zulnazri, Z. (2022). Upaya pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan penulisan karya ilmiah di kabupaten Ache Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat, 2(1), 26-29.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penulisan Artikel Ilmiah: Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Peneliti. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Peraturan Menteri. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75): 31–47

Prasetyono, H. & Asikin, I. (2022). Workshop penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SMK Bina Nusa Mandiri. Publikasi Pengabdian Masyarakat Komputer dan Teknologi (PUNDIMASKOT), 1(2), 64-68.

Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan budaya literasi menulis bagi guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan PTK dan artikel ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–56. https://doi.org/10.17977/um050v4i12021p51-56

Swales, J. M. (1990). Genre Analysis: English in Academic and Research Settings. Cambridge University Press.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3).

Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari S. (2021). Analisis kesulitan guru SD di Lombok Utara dalam penyusunan karya ilmiah. Susunan Artikel Pendidikan, 5(3).

Wijaya, C.O., Riswandi, Nurwahidin, M. (2022). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 33–36. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.20

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Hayuningtyas, F. P., Rahma, S. S., Tara, S. N. A., & Astuti, L. D. (2024). SOSIALISASI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 13208–13212. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.42697

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.